PENERAPAN BUKU AJAR NIHONGO KIRAKIRA OLEH GURU BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 4 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2018/2019

Authors

  • Ni Nyoman Yuli Sri Mayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Eva Krishna Adnyani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Made Sri Mardani Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v6i1.23673

Keywords:

bahasa Jepang, kendala, Nihongo Kirakira, penerapan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) penerapan buku ajar Nihongo Kirakira, (2) kendala penerapan buku ajar Nihongo Kirakira, (3) cara mengatasi kendala penerapan buku ajar Nihongo Kirakira oleh guru bahasa Jepang di SMA Negeri 4 Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu salah satu guru bahasa Jepang di SMA Negeri 4 Singaraja. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) penerapan buku ajar Nihongo Kirakira oleh guru bahasa Jepang di SMA Negeri 4 Singaraja diterapkan sesuai pedoman penggunaan buku ajar Nihongo Kirakira dengan kegiatan mitekangaemashou, kiiteimashou, nihongo de iimashou, yomimashou, kakimashou, kikimashou, hanashimashou, roorupurei, proyek, refleksi materi pembelajaran, bunka, rangkuman materi pembelajaran, penilaian diri dan renshuu mondai. Media pembelajaran yang digunakan guru yaitu audio, power point dan LCD proyektor. (2) kendala yang dihadapi guru dalam penerapan buku ajar Nihongo Kirakira antara lain pada kegiatan pembelajaran kakimashou (siswa tidak menghafal huruf hiragana dan katakana), kegiatan kiite iimashou (audio tidak berbunyi), penggunaan media pembelajaran (LCD proyektor rusak), alokasi waktu yang kurang dan pengelolaan kelas (siswa ribut) serta (3) guru mengatasi kendala pembelajaran dengan cara memberi siswa latihan menulis ke depan, mendengarkan audio kiite iimashou yang sudah diunduh pada laman yang disediakan The Japan Foundatio, memindahkan tempat belajar ke kelas yang tersedia LCD proyektor yang tidak rusak, memilih beberapa kegiatan yang harus dilaksanakan, memberi teguran pada siswa yang ribut dan tidak menyimak penjelasan dengan baik.
Kata Kunci : bahasa Jepang , kendala, Nihongo Kirakira, penerapan.

本研究の目的は、(1)「日本語キラキラ」という教科書の適用について説明する、(2)「日本語キラキラ」適用時の問題点について説明する、(3)シンガラジャ第四国立高等学校の日本語教師が「日本語キラキラ」を適用する際、その問題点の解決方法について分析を行う。本研究は定性的な記述的研究である。本研究の主題は、シンガラジャ第四国立高等学校の一人日本語の教師である。本研究の結果は以下の通りである。(1) シンガラジャ第四国立高等学校の日本語教師による「日本語キラキラ」の適用は、その手引きに従って適用されている。手引きの構成は、「見て考えましょう、聞いて言いましょう、日本語で言いましょう、読みましょう、書きましょう、聞きましょう、話しましょう、ロールプレイ、宿題、復習、文化、まとめ、自己評価、及び、練習問題」となっており、これに従いクラス活動が実施された。クラス活動では、オーディオ、パワーポイント、LCDプロジェクターなどの学習メディアが使用された。(2)「日本語キラキラ」の適用において教師が直面している問題は、書きましょうの活動をする際生徒が日本の文字を覚えない、聞いて言いましょうの活動をする際オーディオの音声が出ない、学習道具の使用「LCDプロジェクターが壊れた」、授業の時間配分が不足と授業管理「生徒が騒がしい」。(3)「日本語キラキラ」の適用の問題点を解決するために、先生は生徒が筆記活動をするために前に来るように求めた,「聞いて言いましょう」のオーディオをダウンロードし、それが使用できるLCDのある教室に移動し、相当な活動を選択し、授業を聞かない学習者に注意した。
keyword : 日本語、問題点、「日本語キラキラ」、教科書の適用。

References

Fadlilah, M. 2014. Implementasi kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, & SMA/MA. Yogyakarta: PT Ar-ruzz media.

The Japan Foundation. (2017). “Nihongo Kirakira Bahasa Jepang”. Tersedia pada :http://erlangga.co.id/katalog/produk-terbaru/9427-nihongo-kirakira-bahasa-jepang-untuk-sma-kelas-x.html. (diakses pada 28 November 2018, pukul 13.00 PM).

Lusfita, dkk. 2018. “analisis kemampuan berbicara bahasa Jepang melalui teknik role play dalam buku ajar Nihongo Kirakira bab 13 14 dan 1 pada siswa kelas XI bahasa MA Negeri 1 Mojokerto”. Jurnal mahasiswa unesa, Vol. 6, No 1. Tersedia pada :: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/kejepangan-unesa/article/view/26126. (diakses pada 29 November 2018, pukul 13.00 PM).

Megatara, dkk. (2017). “Analisis Penggunaan Buku Ajar Nihongo Kirakira Berbasis Kurikulum 2013 Di SMA Negeri 3 Singaraja”. Jurnal mahasiswa Undiksha, Vol. 8, No 2. Tersedia pada : https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBJ/article/view/14998. (diakses pada 22 November 2018, pukul 11.00 PM)

Downloads

Published

2020-06-18

Issue

Section

Articles