PROFIL STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG KELAS XI BAHASA 1 DI SMA NEGERI 1 BUSUNGBIU

Authors

  • I Made Rusma Antara Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Satya Hermawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nengah Suartini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v6i1.23675

Keywords:

pembelajaran, profil, strategi pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk mencapai sasaran pembelajaran bahasa Jepang pada kelas XI bahasa 1 di SMA Negeri 1 Busungbiu, (2) kendala-kendala yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran bahasa Jepang kelas XI bahasa 1 di SMA Negeri 1 Busungbiu. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Jepang di kelas XI bahasa 1 SMA Negeri 1 Busungbiu. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan simak catat, kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk mencapai sasaran pembelajaran bahasa Jepang pada kelas XI bahasa 1 di SMA Negeri 1 Busungbiu, strategi pembelajaran yang digunakan yaitu strategi kontekstual, cermah, drill, tanya jawab, dan diskusi sedangkan sasaran pembelajaran bahasa Jepang yaitu agar siswa mampu mengembangkan keterampilan dasar berbahasa Jepang yang meliputi aspek mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis; (2) Kendala yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran bahasa Jepang kelas XI bahasa 1 di SMA Negeri 1 Busungbiu yaitu pada saat guru memberikan choukai ke pada siswa, siswa masih agak susah menangkap percakapan yang dimaksud dan terkendala dalam menghafal kosakata.
Kata Kunci : PEMBELAJARAN, PROFIL, STRATEGI PEMBELAJARAN

本研究は、(1)日本語を教えている第1ブスングビウ国立高校主に日本語を教える教師の学習方法を解析する事である。(2)第1ブスングビウ国立高校の使徒の学習問題点。この研究の対象は第1ブスングビウ国立高校の日本語を教える教師である。書類収集の方法は観察、インタビュー、ドキュメンタリーでと注を参照。それでデータを定性的記述法により分析した。(1)研究の結果は教師が扱ってる学習方法は文脈的、御喋り、ドリル、質問と回答、でと議論。しながら日本語能力、読み、書き、聞くを含まれてある。(2)第1ブスングビウ国立高校生徒の問題点は聴解を学習する時生徒はあまり会話を聞き取れない。
keyword : 学習、紹介、ストラテジー

References

Suandi, I Nengah. 2008. Pengantar Metodologi Penelitian Bahasa. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Badung: Alfabeta

Arikunto, S. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Karya.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung. Alfabeta.

Arikunto. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Sagung Seto.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung. Alfabeta.

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Nuha, Ulin. 2012. Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press.

Matakupan, J. 1994. Program Pendidikan Usia Sekolah. Bandung: Tri Pitaka.

Uno, Hamzah B. 2010. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Umbara, Citra. 2006. Pengertian Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Citra Umbara.

Djamarah, Syaiful Bahri danAswan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Aqib,Zainal. 2014. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Yrama Widya.

Downloads

Published

2020-06-18

Issue

Section

Articles