PROFIL STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 1 TEGALLALANG

Authors

  • I Wayan Julia Tanopa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sadyana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Satya Hermawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v6i1.23678

Keywords:

bahasa Jepang, profil, strategi pembelajaran

Abstract

PROFIL STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 1 TEGALLALANG Oleh I Wayan Julia Tanopa, NIM 1512061014 Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) strategi pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Tegallalang, (2) faktor-faktor yang mendasari penggunaan strategi pembelajaran dalam proses pembelajaran bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Tegallalang, dan (3) kendala-kendala yang dihadapi dalam strategi pembelajaran bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Tegallalang. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Tegallalang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian di analisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Strategi pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Tegallalang yaitu strategi drill, tanya jawab, dan pemberian tugas; (2) Faktor-faktor yang mendasari penggunaan strategi pembelajaran dalam proses pembelajaran bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Tegallalang yaitu karakteristik siswa, dan kondisi siswa di kelas. (3) Kendala-kendala yang dihadapi dalam strategi pembelajaran bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Tegallalang yaitu meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa, dan kendala alokasi waktu.
Kata Kunci : Kata kunci : bahasa Jepang, profil, strategi pembelajaran

テガララン第一高校における日本語ストラテジーの紹介 イ・ワヤン・ジュリア・タノパ NIM 1512061014 日本語教育学科 要旨 本研究は、テガララン第一高校における(1)日本語学習の過程において用いられている学習ストラテジー、(2)日本語学習戦略の利用の背景、(3) 日本語学習の障害を記述することである。研究の対象は、テガララン第一高校の日本語教師である。データ収集は、観察、インタビュー、記録の方法で行われ、これらは記述的な定性的方法を使用して分析される。その結果、(1)用いられている学習戦略はドリル、質疑応答、課題であることが明らかになった、(2)この学習戦略の背景としては、学習者の特性や授業の状況が挙げられた、(3)学習戦略の実施に当たって直面する障害は、学習者の学習意欲や学習時間の不足である。
keyword : キーワード:日本語、概略、学習戦略

References

Abdul, Majid. 2013. Strategi Pembelajaran. Remaja. Bandung:Rosdakarya.

Armini, Ni Putu Yuli. 2018. Profil Strategi Pembelajaran Bahasa Jepang di Kelas 4 SD Saraswati Tabanan.Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPB/article/view/14949

Asih, Nur Saadah Fitri. 2007. “Efektivitas Penggunaan Metode Oral Drill Untuk Latihan Kemampuan Berbicara Bahasa Jepang”. Jurnal Lingu Cultura, Volume 1, (hlm 57-63).

Dharma, Surya. 2008. Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Padmadewi, Ni Nyoman. 2012. Strategi Pembelajaran Bahasa. Singaraja:

Undiksha.

Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-06-18

Issue

Section

Articles