MAKNA CINTA DALAM LAGU CHIISANA KOI NO UTA

Authors

  • Ni Wayan At Pramita Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ita Mustafa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v6i1.25867

Keywords:

semiotika, lirik lagu, bahasa Jepang, makna

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna lagu Chiisana Koi no Uta dan penggunaan kata Koi sebagai pengungkapan cinta. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang  menggunakan metode penelitian semiotika yaitu meneliti tentang tanda. Metode penelitian Semiotika Roland Barthes yaitu dengan meneliti makna denotasi, konotasi, dan mitos dari lagu Chiisana Koi no Uta. Dalam penelitian ini, akan dimaknai lirik lagu yang dilihat dari tanda, makna denotatif dan makna konotatif. Hasil penelitian yaitu ditemukannya makna lirik lagu yang menggambarkan perasaan seorang laki-laki yang sedang jatuh cinta kepada seseorang perempuan. Dari sekian banyak perempuan, ia hanya mencintai satu perempuan kemudian laki-laki tersebut mengungkapkan seluruh perasaannya dalam bentuk lagu.

本研究の目的は、「小さな恋のうた」の恋の表現としての使い方と意味を説明することである。次、Roland Barthes記号論の記号や研究方法で「小さな恋のうた」の歌詞を調べる。記号論的研究手法を用いた定性的記述研究である。本研究では、記号、意味的なsignifier、意味的なsignifiedから調べる歌の歌詞を解釈しようとした。結果は、歌詞の中に使った「恋」の意味は誰かの女性に恋している男性の感情を説明している。多くの女性の中で、彼は一人の女性しか愛しておらず、男性はすべての感情を歌詞の形で表現している。

Author Biography

Ita Mustafa, Universitas Pendidikan Ganesha

Universitas Pendidikan Ganesha

References

Barthes,Roland.1998, The Semiotic Challenge, New York:Hill and Wang

Sobur, Alex.2009.Semiotika Komunikasi. Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Sudjiman, Panuti dan Aart van Zoest (ed). 1996. Serba-Serbi Semiotika. Jakarta.T Gramedia Pustaka Utama

Teori, Pakar. Teori Semiotika Roland Barthes. Terdapat pada https://pakarkomunikasi.com/teori-semiotika-roland-barthes/amp (diakses 20 Mei 2020)

Parta,Ibeng.2020. Pengertian Semiotika, Komponen, Cabang dan Macam Menurut Para Ahli. Terdapat pada https://pendidikan.co.id/pengertian-semiotika-komponen-cabang-dan-macammenurut-para-ahli/(diakses 25 Mei 2020)

Downloads

Published

2020-02-27

Issue

Section

Articles