PROFIL STRATEGI PEMBELAJARAN KANJI DI KELAS N4 KEPERAWATAN LPK LPJ (Lembaga Pelatihan Bahasa Jepang) BALI

Authors

  • Ni Nyoman Putri Noviyanthi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sadyana Ganesha University of Education
  • Kadek Eva Krishna Adnyani Ganesha University of Education

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v6i2.26487

Keywords:

kanji, profil, strategi pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Strategi pembelajaran Kanji yang digunakan oleh guru di kelas N4 Keperawatan LPK LPJ (Lembaga Pelatihan Bahasa Jepang) Bali (2) Faktor-faktor pemilihan strategi pembelajaran Kanji oleh guru di kelas N4 Keperawatan LPK LPJ Bali, dan (3) Hambatan dalam pembelajaran Kanji yang dihadapi oleh guru di kelas N4 Keperawatan LPK LPJ Bali. Subjek penelitian ini adalah guru pengajar Kanji di kelas N4 Keperawatan LPK LPJ Bali. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi pembelajaran Kanji yang digunakan oleh guru di kelas N4 Keperawatan LPK LPJ Bali, yaitu strategi drill, ekspositori, permainan dan pemberian tugas; (2) Faktor-faktor pemilihan strategi pembelajaran, yaitu pertama karakteristik peserta didik yang berusia 19-29 tahun dan memiliki latar belakang pendidikan sebagai perawat. Sehingga peserta didik merupakan pembelajar pemula. Kedua, kompentensi dasar yang diharapkan, yaitu kemampuan menguasai Kanji. Ketiga, waktu yang tersedia, yaitu hanya 3 bulan. Hambatan dalam pembelajran, yaitu hambatan manusiawi, institusional dan instruksional.
Kata Kunci : kanji, profil, strategi pembelajaran

本研究の目的は、(1) LPJ Bali の送り出し機関の N4看護クラスにおける漢字科指導講師が使用される学習法、(2)当送り出し機関の指導講師が使用される学習法の要因、(3)漢字科を担当する指導講師が、授業の際に直面する障害をを明示することである。研究の対象は、当送り出し機関の漢字科指導講師である。データは、授業観察、インタビューおよび画像写真により収集し、それを定性的記述法により分析した。その結果は、(1)当送り出しにおける漢字科指導講師が使用される学習法は、ドリル、直接法、ゲーム、タスクである。(2) 学習法を選択する要因は以下通りである。a)学習者の特徴は年齢が19~29歳及び看護師としての学歴があります。つまり、その生徒達は初心者学習者である。 b) 基礎学力は漢字能力が期待されます。 c) 時間制は3ヶ月に限るです。(3)漢字科指導講師の障害は人道的及び制度上及び指示詞である。
keyword : 漢字、紹介、学習法

References

Benati, Alessandro. 2018. “Grammar-Translation Method”. Tersedia pada https://booksc.xyz/book/68323580/e392a7 (diakses tanggal 14 Juni 2020)

Febriyanti, Rina H. 2017. “Penggunaan Metode Communicative Language Teaching Dalam Pengajaran Bahasa Inggris Pada Guru Tutor Di Bimbingan Belajar”. Tersedia pada

https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/2029/1580 (diakses tanggal 26 Mei 2020 )

Gracia, Nowelia Malia. 2018. The Tesol Encyyclopedia of English Language Teaching : Using Dialogues, Role Plays, Songs, and Poetry in Teaching Speaking. doi : 10.1002/9781118784235.eelt0259

Hamalik, Oemar. 2002. Perencanaan Pengajarn Berdasarkan Pendekatan Sistem. PT Bumi Angkasa: Jakarta.

Kayi, Hayriye. 2006. “Teaching Speaking Activities to Promote Speaking in a Second Language” Tersedia pada

http://iteslj.org/Techniques/Kayi-TeachingSpeaking.html (diakses tanggal 26 Mei 2020)

Padmadewi, Ni Nyoman. 2012. Strategi Pembelajaran. Singaraja: Undiksha Press.

Roestiyah. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Samad, Farida dan Tidore, Nurlela. 2015. “Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Yang Menyenangkan Untuk Anak Usia Dini” Tersedia pada https://media.neliti.com/media/publications/296141-strategi-pembelajaran-bahasa-inggris-yan-5d89f42b.pdf (diakses tanggal 27 Mei 2020)

Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sunendar, Dadang dan Iskandarwassid. 2015. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tarigan, Henry Guntur. 2011. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung. Angkasa.

Yani, Damai. 2016. “Metode Audiolingual Dalam Pembelajaran Kaiwa”. Lingua Didaktika, Volume 10, Nomor 1, Juli 2016 (hml. 9-17).

Downloads

Published

2020-07-26

Issue

Section

Articles