PENGEMBANGAN BUKU AJAR BAHASA JEPANG BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK SISWA KELAS XI SMK PGRI PAYANGAN

Authors

  • Widyaningsih Ni Kadek .
  • I Wayan Sadyana, S.S.,M.Si .
  • Desak Made Sri Mardani, S.S .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v2i3.8774

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar yang sesuai dengan kurikulum 2013 dan silabus mata pelajaran bahasa Jepang untuk siswa kelas XI SMK PGRI Payangan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek dalam penelitian ini adalah kurikulum, silabus, guru pengampu mata pelajaran bahasa Jepang dan siswa kelas XI SMK PGRI Payangan. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) buku ajar bahasa Jepang yang disusun dengan berbasis pada pendekatan saintifik (saintific approach). (2) Materi pembelajaran yang disajikan adalah materi yang berkaitan dengan bahasa Jepang pariwisata yang digunakan di restoran dan hotel. (3) Berdasarkan hasil uji ahli, buku ajar yang dikembangkan dinilai sudah sangat sesuai dengan kurikulum 2013 dan silabus mata pelajaran bahasa Jepang untuk siswa kelas XI SMK PGRI Payangan.
Kata Kunci : buku ajar, pendekatan saintifik, penelitian dan pengembangan

本論は、パヤンガン実業高等学校11年生の2013カリキュラム及びシラバスに基づく日本語授業で使用する教科書の作成を目的としたものである。本論は、 リサーチ&デベロップメントによるものであり、対象はパヤンガン実業高等学校11年生日本語科指導者及び学習者、2013カリキュラム、シラバスである。収集したデータは、定性的記述法により分析した。結果は次の通りである。(1) 作成された教科書は、科学的アプローチに基づくものである。(2) この 教科書の学習内容は、レストラン、ホテルで使用される観光日本語を含む。(3) 専門家による審査において、この教科書は当校11年生日本語科の2013 カリキュラム、 シラバスに則している。
keyword : 教科書、科学的アプローチ、作成研究

Published

2016-11-04

Issue

Section

Articles