Implementasi Model-Model Information Gap dalam Pembelajaran Kaiwa berbasis Daring

Authors

  • Yeni Yeni Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sadyana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Satya Hermawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v6i3.30235

Keywords:

Information Gap, Pembelajaran Kaiwa, Kemampuan Berbahasa Jepang

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berbahasa Jepang mahasiswa setelah diimplementasikan model-model information gap dalam pembelajaran kaiwa berbasis daring dan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap implementasi model-model information gap dalam pembelajaran kaiwa berbasis daring. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi (Quasi Experimental) dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah one grup pretest posttest design. Instrumen yang digunakan berupa tes berbicara dan angket/kuesioner dalam bentuk Google Form. Berdasarkan hasil posttest diketahui 86% mahasiswa yang diimplementasikan model-model information gap dalam pembelajaran kaiwa berbasis daring memperoleh nilai di atas 80 sedangkan sisanya 14% mahasiswa memperoleh nilai di bawah 80. Gain hasil pretest dan posttest menunjukkan peningkatan rata-rata nilai sebesar 2.04. Dengan demikian, kemampuan berbahasa Jepang mahasiswa setelah diimplementasikan model-model information gap dalam pembelajaran kaiwa berbasis daring mengalami peningkatan dan implementasi model-model information gap efektif dalam pembelajaran kaiwa berbasis daring. Selanjutnya berdasarkan hasil angket/kuesioner diperoleh respon positif dari sebagian besar responden terhadap implementasi model-model information gap dalam pembelajaran kaiwa berbasis daring.

Downloads

Published

2020-12-05

Issue

Section

Articles