Keefektifan Model Field Trip dan Model Think Talk Write (TTW) Pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Kelas VII MTS Negeri Model Babakan

Authors

  • Wagiran Wagiran Universitas Negeri Semarang
  • Afwah Zaenul Fidloh Universitas Negeri semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i1.10377

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:  (1) keefektifan model field trip dalam pembelajaran menulis teks deskripsi, (2) keefektifan model think talk write dalam pembelajaran menulis teks deskripsi, (3) model yang lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks deskripsi.  Penelitian ini adalah penelitian quasi experimental yang menggunakan dua kelas eksperimen. Kelas eksperimen 1 yang berjumlah 28 siswa diberikan perlakuan dengan menggunakan model field trip dalam pembelajaran menulis teks deskripsi, dan kelas eksperimen 2 berjumlah 26 siswa diberikan perlakuan model think talk write pada pembelajaran menulis teks deskripsi. Data penelitian diperoleh dengan observasi, wawancara, dan pengambilan nilai pretest dan posttest pada pembelajaran menulis teks deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model field trip efektif  digunakan karena signifikansi 0,000<0,05. Jika signifikansi >0,05 maka model yang digunakan tidak efektif.  (2) model think talk write efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks deskripsi digunakan karena signifikansi 0,000<0,05. Jika signifikansi >0,05 maka model yang digunakan tidak efektif, (3) model field trip lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks deskripsi dibuktikan dengan perolehan sig kelas eksperimen 1 0,026 dan sig kelas eksperimen 2 0,028 <0,05.

Kata kunci: model pembelajaran field trip; model pembelajaran think talk write; menulis teks deskripsi.

Downloads

Published

2021-04-30

Issue

Section

Articles