KEMAMPUAN SISWA MENERAPKAN EJAAN DALAM PENULISAN KARANGAN ARGUMENTASI DI KELAS X SMA LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA
Abstract
KEMAMPUAN SISWA MENERAPKAN EJAAN DALAM PENULISAN KARANGAN ARGUMENTASI DI KELAS X SMA LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA
Oleh
I Putu Suartika, NIM 0912011034
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Bahasa dan Seni
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan siswa menerapkan kaidah pemakaian huruf kapital dalam penulisan karangan argumentasi di kelas X SMA Laboratorium Undiksha Singaraja, (2) mendeskripsikan kemampuan siswa menerapkan kaidah penulisan kata depan dalam karangan argumentasi di kelas X SMA Laboratorium Undiksha Singaraja, (3) mendeskripsikan kemampuan siswa menerapkan kaidah penulisan partikel dalam karangan argumentasi di kelas X SMA Laboratorium Undiksha Singaraja, dan (4) mendeskripsikan kemampuan siswa menerapkan kaidah pemakaian tanda baca dalam penulisan karangan argumentasi di kelas X SMA Laboratorium Undiksha Singaraja. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Laboratorium Undiksha Singaraja tahun ajaran 2012/2013, sedangkan objek dalam penelitian ini meliputi kemampuan menggunakan huruf kapital, kata depan, partikel dan tanda baca. Data penelitian ini diperoleh dengan metode tes. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan siswa dalam menerapkan kaidah pemakaian huruf kapital memperoleh hasil kurang dengan skor rata-rata 5,5, (2) kemampuan siswa dalam menerapkan kaidah penulisan kata depan memperoleh hasil baik dengan skor rata-rata 8,2, (3) kemampuan siswa dalam menerapkan kaidah penulisan partikel memperoleh hasil amat baik dengan skor rata-rata 9,9, dan (4) kemampuan siswa dalam menerapkan kaidah pemakaian tanda baca memperoleh hasil baik dengan skor rata-rata 7,9.
Kata kunci: ejaan, kemampuan siswa, penulisan karangan argumentasi
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v1i7.1153
Article Metrics
Abstract view : 104 timesPDF file view : 4362 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha (JPBSI) indexed by:

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.