KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X 1 SMA NEGERI 1 MELAYA DITINJAU DARI UNSUR INTRINSIK

Dedy Pramana Putra

Abstract


KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X 1 SMA NEGERI 1 MELAYA DITINJAU DARI UNSUR INTRINSIK

oleh

Dedy Pramana Putra, NIM 0912011012

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Bahasa dan Seni

ABSTRAK

Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen siswa kelas X 1 SMA Negeri 1 Melaya, dan (2) kemampuan menulis cerpen siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Melaya ditinjau dari unsur intrinsik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X 1 SMA Negeri 1 Melaya yang berjumlah 40 orang siswa, sedangkan objek penlitian ini adalah cerpen yang ditulis oleh siswa kelas X 1 SMA Negeri 1 Melaya. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga metode (1) observasi, (2) tes, dan (3) dokumentasi. Data yang didapatkan dianalisis dengan teknik deskriptif-kualitatif dan deskriptif-kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen yang diterapkan oleh guru sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah yang menyatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP. (2) berdasarkan hasil kemampuan menulis cerpen siswa kelas X 1 SMA Negeri 1 Melaya diketahui bahwa hasil menulis siswa sudah baik, hasil nilai rata-rata kelas 75,85 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil analisis cerpen yang telah dilakukan, menunjukkan secara keseluruhan siswa sudah bisa menggambarkan narasi dalam cerpen, penyajian unsur-unsur intrinsik (berupa tema, tokoh, alur, latar, sudut pandang, amanat, gaya bahasa), sudah baik dikerjakan oleh siswa yang selanjutnya didukung dengan kepaduan unsur-unsur cerita. Oleh karena itu dapat dikatakan hasil menulis cerpen siswa sudah baik ditinjau dari kelengkapan unsur inrinsik. Bagi peneliti lain yang akan mengadakan penelitian, hasil jangkauan penelitian ini dapat diperluas. Dalam hal ini, peneliti dapat melakukan penelitian berupa kemampuan menulis cerpen siswa ditinjau dari segi perbedaan gender.

Kata kunci : pembelajaran menulis, cerpen, kemampuan


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v1i8.1181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha (JPBSI) indexed by:

 Crossref




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.