PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA ANTARA SISWA YANG MENGGUNAKAN BAHASA INDONESIA DAN SISWA YANG MENGGUNAKAN BAHASA BALI DI LINGKUNGAN KELUARGA (STUDI KASUS SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP LAB UNDIKSHA TAHUN AJARAN 2016/2017)

Authors

  • Ni Made Sri Witari .
  • Drs.I Gede Nurjaya,M.Pd .
  • Dra. Sang Ayu Putu Sriasih,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v7i2.12003

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui prestasi belajar bahasa Indonesia siswa yang menggunakan bahasa Indonesia di lingkungan keluarga, (2) mengetahui prestasi belajar bahasa Indonesia siswa yang menggunakan bahasa Bali di dalam lingkungan keluarga, (3) mengetahui perbedaan prestasi belajar antara siswa menggunakan bahasa Indonesia dan siswa yang menggunakan bahasa Bali di dalam lingkungan keluarga 7. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ex post facto. Populasinya adalah semua siswa kelas VIII SMP Lab Undiksha Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel penelitian adalah siswa yang menggunakan bahasa Indonesia dan siswa yang menggunakan bahasa Bali di lingkungan keluarga . Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Prestasi belajar bahasa Indonesia siswa yang menggunakan bahasa Indonesia di dalam lingkungan keluarga bervariasi dengan rentangan nilai hasil belajar bahasa Indonesia pada raport siswa K1 yang terendah 80 dan nilai yang tertinggi 91 dengan rata-rata nilai 86, 71 dalam kategori sangat baik,(2) Prestasi belajar bahasa Indonesia siswa yang menggunakan bahasa Bali di dalam lingkungan keluarga beragam dengan rentangan nilai hasil belajar bahasa Indonesia pada raport siswa K2 yang terendah 80 dan nilai yang tertinggi 94 dengan rata-rata nilai 85,93 dalam kategori sangat baik, (3) Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hasil perhitungan uji-t, diperoleh sebesar 1,13. Sementara, ttabel dengan taraf signifikansi 5% dan db = adalah 1,67. Ini berarti, t hitung lebih kecil dari t tabel sehingga H0 diterima dan H1 ditolak. Dengan demikan, prestasi belajar bahasa Indonesia kedua kelompok tersebut tidak berbeda secara signifikan. Hasil perhitungan uji-t yang tidak signifikan, menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan prestasi belajar Indonesia antara siswa menggunakan bahasa Indonesia dan siswa yang menggunakan bahasa Bali di dalam lingkungan keluarga.
Kata Kunci : penggunaan bahasa, prestasi belajar

This study aimed (1) to find out the Indonesian learning achievement of students who use Indonesian language in the family, (2) to know the Indonesian learning achievement of students who use Balinese language in the family, (3) to investigate the difference of learning achievement between students who use Indonesian language and Balinese language in the family. This study was quantitative research in which the design was ex post facto design. The population of this study was all students of class VIII SMP Lab Undiksha in academic year 2016/2017. The samples of this study were students who use Indonesian language and Balinese language . The sample selection was done by using purposive sampling technique. The data collection methods used in this study was questionnaire method, interview method, and documentation method. The data were analyzed by using descriptive and inferential statistics (independent t-test). The results showed that (1) there are variance of Indonesian learning achievement of students who use Indonesian language in family in which the lowest score in report card is 80 and the highest one is 91 with the mean 86,71 in very good category, (2) There are differences of the Indonesian learning achievement of students who use Balinese language in family in which the lowest score in report card is 80 and the highest is 94 with thw mean 86,12 in very good category, (3) the result of the hypothesis testing shows that the result of t-test calculation is 1.13 in significance level of 5% and db = 1.67. It means that Tobs is smaller than Tcv which means that Ho is accepted and Ha is rejected. Thus, the Indonesian learning achievements of both groups are not significant and the result of t-test is not significant. It indicates that there is a not difference of learning achievement between students who use Indonesian language and Balinese language in the family.
keyword : The use of language, learning achievement

Published

2017-10-09

Issue

Section

Articles