ANALISIS NASKAH DRAMA KARYA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUKASADA DI KAJI DARI SEGI STRUKTUR DRAMATIK, TINGKAT KETERBACAAN DAN TINGKAT KESESUAIAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i8.1214Abstract
ANALISIS NASKAH DRAMA KARYA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUKASADA DI KAJI DARI SEGI STRUKTUR DRAMATIK, TINGKAT KETERBACAAN DAN TINGKAT KESESUAIAN
Oleh
Dewa Ayu Koni Apriliana/0912011059
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan struktur dramatik naskah drama karya siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Sukasada dan (2) mendeskripsikan tingkat keterbacaan dan tingkat kesesuaian naskah drama karya siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Sukasada. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa analisis struktur dramatik naskah drama karya siswa secara keseluruhan sudah tercipta yang dimulai dari bagian awal (eksposisi), komplikasi (konflik), bagian tengah (klimaks/krisis), dan bagian akhir (resolusi). Selain itu, ada yang dimulai dari bagian awal (eksposisi), komplikasi (konflik), dan bagian akhir (resolusi). selanjutnya, dimulai dari bagian awal (eksposisi), bagian tengah (klimaks/krisis), dan bagian akhir (resolusi), serta dimulai dari bagian awal (eksposisi) dan bagian akhir (resolusi). Tingkat keterbacaan naskah drama karya siswa dikategorikan mudah dipahami dilihat dari kejelasan bahasa, kejelasan tema, kejelasan perwatakan serta kesederhanaan alur dan latar. Sedangkan tingkat kesesuaian, naskah drama yang dihasilkan siswa sebagian besar pantas dengan jenjang pendidikan yaitu siswa sekolah menengah pertama dilihat dari perkembangan psikologi, moral, dan jenjang pendidikan.
Kata-kata kunci : struktur dramatik, tingkat keterbacaan dan tingkat kesesuaian
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)