ANALISIS NASKAH DRAMA KARYA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUKASADA DI KAJI DARI SEGI STRUKTUR DRAMATIK, TINGKAT KETERBACAAN DAN TINGKAT KESESUAIAN

Authors

  • Dewa Koni Apriliana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i8.1214

Abstract

ANALISIS NASKAH DRAMA KARYA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUKASADA DI KAJI DARI SEGI STRUKTUR DRAMATIK, TINGKAT KETERBACAAN DAN TINGKAT KESESUAIAN

Oleh

Dewa Ayu Koni Apriliana/0912011059

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan struktur dramatik naskah drama karya siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Sukasada dan (2) mendeskripsikan tingkat keterbacaan dan tingkat kesesuaian naskah drama karya siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Sukasada. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa analisis struktur dramatik naskah drama karya siswa secara keseluruhan sudah tercipta yang dimulai dari bagian awal (eksposisi), komplikasi (konflik), bagian tengah (klimaks/krisis), dan bagian akhir (resolusi). Selain itu, ada yang dimulai dari bagian awal (eksposisi), komplikasi (konflik), dan bagian akhir (resolusi). selanjutnya, dimulai dari bagian awal (eksposisi), bagian tengah (klimaks/krisis), dan bagian akhir (resolusi), serta dimulai dari bagian awal (eksposisi) dan bagian akhir (resolusi). Tingkat keterbacaan naskah drama karya siswa dikategorikan mudah dipahami dilihat dari kejelasan bahasa, kejelasan tema, kejelasan perwatakan serta kesederhanaan alur dan latar. Sedangkan tingkat kesesuaian, naskah drama yang dihasilkan siswa sebagian besar pantas dengan jenjang pendidikan yaitu siswa sekolah menengah pertama dilihat dari perkembangan psikologi, moral, dan jenjang pendidikan.

Kata-kata kunci : struktur dramatik, tingkat keterbacaan dan tingkat kesesuaian

Downloads

Published

2013-08-15

Issue

Section

Articles