PENGGUNAAN MEDIA FILM PENDEK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA DI KELAS XI IPA2 SMA NEGERI 1 PAYANGAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i8.1215Abstract
PENGGUNAAN MEDIA FILM PENDEK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA DI KELAS XI IPA2 SMA NEGERI 1 PAYANGAN
oleh
I Wayan Dodi Eka Titra Yana, NIM 0912011044
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Bahasa dan Seni
ABSTRAK
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan (1) mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis naskah drama dengan penggunaan media film pendek, (2) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis naskah drama dengan penggunaan media film pendek, (3) mendeskripsikan respons siswa terhadap penggunaan media film pendek dalam pembelajaran menulis naskah drama. Guru dan siswa kelas XI IPA2 SMA N 1 Payangan yang berjumlah 27 orang menjadi subjek dalam penelitian ini. Objek penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa, kemampuan siswa menulis naskah drama dengan media film pendek dan respons siswa terhadap penggunaan media film pendek dalam pembelajaran menulis naskah drama. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode tes, metode dokumentasi, dan metode angket/kuesioner serta catatan lapangan. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuntitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penggunaan media film pendek dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam menulis naskah drama (2) kemampuan siswa dalam menulis naskah drama mengalami peningkatan setiap siklusnya. Pada siklus I sebanyak 18 orang atau (66,66%) yang tuntas, sedangkan pada siklus II seluruh siswa atau (100%) tuntas dalam pembelajaran menulis naskah drama, dan (3) siswa memberikan respons positif penggunaan media film pendek dalam pembelajaran menulis naskah drama. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa Penggunaan media film pendek dalam menulis naskah drama menunjukkan hasil yang positif. Hal tersebut nampak dari aktivitas belajar siswa, peningkatan hasil belajar, maupun respons siswa terhadap pembelajaran ini.
Kata kunci: media film pendek, menulis, naskah drama
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)