TINDAK TUTUR GURU DALAM PENGAJARAN BAHASA INDONESIA DI SLB C BINA KARYA SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i8.1217Abstract
TINDAK TUTUR GURU DALAM PENGAJARAN BAHASA INDONESIA DI SLB C BINA KARYA SINGARAJA
oleh
Ni Luh Putu Susy Mirayanti, NIM 0812011008
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ABSTRAK
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan memaparkan (1) tindak tutur yang digunakan guru saat pengajaran bahasa Indonesia di SLB C Bina Karya Singaraja, (2) tindak tutur yang dominan digunakan dalam pengajaran bahasa Indonesia di SLB C Bina Karya Singaraja, (3) alasan guru terhadap pemilihan tindak tutur yang digunakan dalam pengajaran bahasa Indonesia di SLB C Bina Karya Singaraja, dan (4) wujud penggunaan tindak tutur di SLB C Bina Karya Singaraja. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia di SLB C Bina Karya Singaraja. Objek dalam penelitian ini adalah (1) tindak tutur yang digunakan guru saat melaksanakan bahasa Indonesia di SLB C Bina Karya Singaraja, (2) tindak tutur yang dominan digunakan dalam bahasa Indonesia di SLB C Bina Karya Singaraja, (3) alasan guru terhadap pilihan penggunaan tindak tutur yang digunakan di SLB C Bina Karya Singaraja, dan (4) wujud penggunaan tindak tutur di kelas SLB C Bina Karya Singaraja. Data penelitian ini dikumpulkan melalui metode observasi yang didukung oleh alat perekam dan metode wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak tutur guru dalam pengajaran bahasa Indonesia di SLB C Bina Karya Singaraja meliputi (1) jenis tindak tutur yang digunakan berupa tindak tutur direktif, representatif, ekspresif, dan deklaratif, (2) tindak tutur yang dominan digunakan adalah tindak tutur direktif dan representatif, (3) alasan guru terhadap pemilihan tindak tutur adalah tindak tutur direktif digunakan agar siswa melakukan segala perintah guru dalam pengajaran setelah mendengar tuturan, tindak tutur representatif digunakan guru agar siswa mendengarkan penjelasan, tindak tutur ekspresif digunakan guru untuk mengevaluasi pengajaran yang dilakukan guru, tindak deklarasi digunakan guru dengan maksud untuk menciptakan keadaan tertentu, dan (4) wujud penggunaan tindak tutur berupa tindak tutur verbal, nonverbal, dan verbal nonverbal.
Kata kunci: tindak tutur, pengajaran bahasa Indonesia
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)