PENGGUNAAN VIDEO MONOLOG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 4 GEROKGAK

Authors

  • Ursula Christi Oktalia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i8.1219

Abstract

PENGGUNAAN VIDEO MONOLOG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 4 GEROKGAK

oleh

Ursula Christi Oktalia, NIM 0912011043

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

ABSTRAK

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan (1) mendeskripsikan penggunaan video monolog mampu atau tidak meningkatkan kemampuan siswa, (2) langkah-langkah yang tepat dalam penerapan media video monolog, (3) mendeskripsikan respons siswa terhadap penggunaan video monolog. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIIB SMP Negeri 4 Gerokgak yang berjumlah 36 orang. Objek penelitian ini adalah penggunaan video monolog, langkah-langkah, dan respons siswa terhadap penggunaan video monolog dalam pembelajaran berbicara, khususnya bercerita. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, tes, dan metode angket/kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian ini adalah (1) tercapainya peningkatan kemampuan bercerita siswa berkat digunakannya media video monolog, (2) terdapat beberapa langkah dengan menggunakan video monolog untuk meningkatkan kemampuan bercerita siswa. Langkah-langkah tersebut menekankan pada pembelajaran bercerita dibantu dengan video monolog dan cerita langsung dari guru yang membuat siswa melakukan kegiatan bercerita dengan lebih baik, dan (3) siswa memberikan tanggapan sangat positif terhadap penggunaan video monolog dalam pembelajaran bercerita.

Kata kunci: video monolog, bercerita

Downloads

Published

2013-08-15

Issue

Section

Articles