Implementasi Teknik Beriur Kata Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa

Authors

  • Wayan Somadana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i1.12200

Abstract

P

enelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan  langkah langkah implementasi teknik beriur kata dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas X IBB 1 SMA Negeri 2 Singaraja, (2) mengetahui  dapat  tidaknya    langkah  implementasi  teknik  beriur  kata  dalam  pembelajaran menulis puisi siswa kelas X IBB 1 SMA Negeri 2 Singaraja, (3) Mengetahui respons siswa terhadap langkah implementasi teknik beriur kata dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas X IBB 1 SMA Negeri 2 Singaraja. Penelitian   ini   menggunakan   rancangan   penelitian   tindakan   kelas   (PTK)   yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X IBB 1 SMA Negeri 2 Singaraja. Sementara itu, objek dalam penelitian ini terbagi menjadi (1) objek yang mencerminkan proses, yakni langkah-langkah teknik beriur kata dalam pembelajaran menulis puisi; (2) objek yang mencerminkan hasil, yakni peningkatan kemampuan menulis siswa, (3) respons siswa terhadap implementasi teknik beriur kata dalam pembelajaran menulis puisi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, angket/kuesioner, observasi, dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) implementasi teknik beriur kata dalam pembelajaran menulis puisi dilakukan dengan beberapa langkah sesuai dengan rencana pembelajaran yang dirancang. (2) ) implementasi teknik beriur kata dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi; Peningkatan kemampuan tersebut terlihat pada hasil pengeskoran pada tulisan siswa. Pada siklus I , ketuntasan klasikal yang dicapai sebesar 61,53%, sedangkan pada siklus II, mengalami peningkatan menjadi 80,76%. Skor rata-rata kelas juga mengalami peningkatan dari 70,76 pada siklus I menjadi 77,30 pada siklus II. Dari segi respons, pada siklus I, sebanyak 73,07% siswa memberikan respons positif. Sementara itu, pada siklus II, sebanyak 88,47% siswa memberikan respons positif. Dari peningkatan tersebut, ketuntasan klasikal dan respons siswa sudah memenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan


Kata Kunci : Teknik Beriur Kata, Teks Puisi, Menulis

Downloads

Published

2021-04-30

Issue

Section

Articles