PENERAPAN MODEL INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN FAKTA DAN OPINI PADA ARTIKEL DI KELAS X SMK N 1 SUKASADA

Authors

  • Sri Darmayanti

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i7.1561

Abstract

PENERAPAN MODEL INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN FAKTA DAN OPINI PADA ARTIKEL DI KELAS X SMK N 1 SUKASADA

oleh

Ni Putu Sri Darmayanti

0712011009

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, Universitas Pendidikan Ganesha

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh penggambaran berupa penerapan model inkuiri dalam pembelajaran fakta dan opini pada artikel. Secara lebih khusus, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) penerapan model inkuiri dalam pembelajaran fakta dan opini pada artikel, (2) kendala yang dihadapi dalam menerapkan model inkuiri dalam pembelajaran fakta dan opini pada artikel, (3) hasil belajar siswa dalam pembelajaran fakta dan opini pada artikel di kelas X SMK N 1Sukasada.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskritif kualitatif, dengan melibatkan dua kelas yang diperoleh dengan random sampling dengan teknik undian. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK N 1 Sukasada. Jumlah keseluruhan sampel yang dianalisis dalam penelitian ini adalah 27 siswa. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, dan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model inkuiri dalam pembelajaran fakta dan opini pada artikel adalah dengan diskusi dibarengi pemuteran video artikel dan tulisan artikel. (2) kendala yang dihadapi dalam menerapkan model inkuiri dalam pembelajaran fakta dan opini pada artikel adalah kebiasaan belajar beberapa siswa yang masih berpusat pada guru (konvensional), (3) hasil belajar siswa dalam pembelajaran fakta dan opini pada artikel adalah rata-rata 76,4 dan sudah memenuhi kkm 70, meskipun satu orang belum tuntas dengan kkm 65.

Kata kunci: model pembelajaran, fakta dan opini, artikel

Downloads

Published

2013-07-25

Issue

Section

Articles