PENERAPAN MODEL INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN FAKTA DAN OPINI PADA ARTIKEL DI KELAS X SMK N 1 SUKASADA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i7.1561Abstract
PENERAPAN MODEL INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN FAKTA DAN OPINI PADA ARTIKEL DI KELAS X SMK N 1 SUKASADA
oleh
Ni Putu Sri Darmayanti
0712011009
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, Universitas Pendidikan Ganesha
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh penggambaran berupa penerapan model inkuiri dalam pembelajaran fakta dan opini pada artikel. Secara lebih khusus, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) penerapan model inkuiri dalam pembelajaran fakta dan opini pada artikel, (2) kendala yang dihadapi dalam menerapkan model inkuiri dalam pembelajaran fakta dan opini pada artikel, (3) hasil belajar siswa dalam pembelajaran fakta dan opini pada artikel di kelas X SMK N 1Sukasada.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskritif kualitatif, dengan melibatkan dua kelas yang diperoleh dengan random sampling dengan teknik undian. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK N 1 Sukasada. Jumlah keseluruhan sampel yang dianalisis dalam penelitian ini adalah 27 siswa. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, dan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model inkuiri dalam pembelajaran fakta dan opini pada artikel adalah dengan diskusi dibarengi pemuteran video artikel dan tulisan artikel. (2) kendala yang dihadapi dalam menerapkan model inkuiri dalam pembelajaran fakta dan opini pada artikel adalah kebiasaan belajar beberapa siswa yang masih berpusat pada guru (konvensional), (3) hasil belajar siswa dalam pembelajaran fakta dan opini pada artikel adalah rata-rata 76,4 dan sudah memenuhi kkm 70, meskipun satu orang belum tuntas dengan kkm 65.
Kata kunci: model pembelajaran, fakta dan opini, artikel
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)