PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS CERITA FABEL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SAWAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Luh Widayanti, I Made Sutama, Ni Made Rai Wisudariani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hasil belajar menulis dan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe problem posing. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu, post test only control group design. Kelompok eksperimen pada penelitian ini adalah kelas VII H dan kelompok kontrol adalah kelas VII G. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dalam bentuk penugasan berupa penulisan cerita fabel. Data dianalisis melalui uji prasyarat, menggunakan uji-t sampel independent (tidak berkorelasi) dengan kriteria pengujian jika thitung > ttabel maka H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil perhitungan uji-t, diperoleh thitung  sebesar 5,48. Sementara, ttabel dengan taraf signifikan 5% dan db = n1 + n2 -2adalah 1,67. Ini berarti, thitung lebih besar dari ttabel (thitung > ttabel) sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, perbedaan hasil belajar menulis cerita fabel kedua kelompok signifikan. Hasil perhitungan uji-t yang signifikan, menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe problem posing terhadap hasil belajar menulis cerita fabel.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v9i1.20268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha (JPBSI) indexed by:

 Crossref 




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.