KETERAMPILAN GURU BAHASA INDONESIA DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PADA PEMBELAJARAN TEKS DRAMA DI KELAS VIIIA SMP NEGERI 4 SUKASADA

Imayatuddina -, Ni Made Rai Wisudariani, Gede Artawan

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan (1) jenis-jenis media yang digunakan oleh guru pada pembelajaran teks drama, (2) keterampilan guru dalam menggunakan media pada pembelajaran teks drama, (3) kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dalam menggunakan media pada pembelajaran teks drama. Subjek dalam penelitian ini adalah guru di kelas VIIIA SMP Negeri 4 Sukasada. Objek penelitian ini adalah jenis-jenis media pembelajaran, keterampilan guru dalam menggunakan media, serta kendala-kendala yang dihadapi guru dalam menggunakan media pada pembelajaran teks drama. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) jenis-jenis media yang digunakan oleh guru pada pembelajaran teks drama di kelas VIIIA SMP Negeri 4 Sukasada sangat bervariasi yaitu media berbasis manusia (guru, tutor, main peran, dan kegiatan kelompok), media berbasis cetak (buku teks, lembar kerja siswa), dan contoh teks drama), media berbasis visual (caption), media berbasis audio visual (video), dan media berbasis komputer (power point), (2) keterampilan guru dalam menggunakan media pada pembelajaran teks drama sudah tergolong sangat baik, (3) kendala-kendala yang dihadapi oleh guru berasal dari dua sumber yaitu pemilihan media audio visual video, dan penyediaan fasilitas speaker.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v9i1.20295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha (JPBSI) indexed by:

 Crossref




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.