ANALISIS IMPLIKATUR NASKAH DRAMA CUPAK TANAH KARYA PUTU SATRIA KUSUMA DAN PERANANNYA DALAM PEMBELAJARAN TEKS DRAMA SISWA KELAS VIIIE SMP NEGERI 3 SUKASADA

Kadek Dwi Suryani, Gede Artawan, Ida Ayu Made Darmayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) jenis-jenis implikatur yang ditemukan dalam tuturan naskah drama Cupak Tanah karya Putu Satria Kusuma dan (2) peranan implikatur dalam pembelajaran teks drama siswa Kelas VIII E SMP Negeri 3 Sukasada. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah naskah drama Cupak Tanah karya Putu Satria Kusuma dan siswa kelas VIII E SMP Negeri 3 Sukasada. Objek dalam penelitian ini adalah analisis implikatur dan peranannya dalam pembelajaran teks drama. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa analisis implikatur naskah drama Cupak Tanah karya Putu Satria Kusuma dan peranannya dalam pembelajaran teks drama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  (1) naskah drama Cupak Tanah karya Putu Satria Kusuma memiliki 72 tuturan dan tidak semua mengandung implikatur. Dengan demikian, tuturan tersebut diseleksi terlebih dahulu menggunakan kartu data penyeleksian tuturan berimplikatur. Setelah diseleksi, ditemukan 4 tuturan yang mengandung implikatur konvensional, 31 yang mengandung implikatur percakapan, dan 37 yang tidak mengandung implikatur. (2) Peranan analisis implikatur menunjukkan bahwa siswa dapat mengetahui makna yang tersirat pada naskah drama ternyata sangat berperan. Ini terlihat dari antusias siswa saat memahami naskah drama melalui teori implikatur dasar yang telah diberikan oleh guru dan hasil analisis implikatur untuk memahami makna tersirat dalam naskah drama.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v9i1.20305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha (JPBSI) indexed by:

 Crossref 




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.