PENGGUNAAN MEDIA VIDEO “FLORA DAN FAUNA” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS X BOGA A SMK MARSUDIRINI NEGARA

Veronika Ni Ketut Setiawati, I Wayan Wendra, Ida Bagus Putrayasa

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui (1) langkah-langkah penggunaan media video “Flora dan Fauna” untuk meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi, (2) hasil penggunaan media video “Flora dan Fauna” untuk meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi, (3) respons siswa terhadap penggunaan media video “Flora dan Fauna” untuk meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas X Boga A SMK Marsudirini Negara. Objek penelitian ini, yaitu (1) langkah-langkah penggunaan media video “Flora dan Fauna”, (2) kemampuan hasil belajar siswa dalam menulis teks laporan hasil observassi, dan (3) respons siswa terhadap pengunaan media video “Flora dan Fauna”. Pengumpulan data penelitian ini menggunanakan metode (1) observasi, (2) tes, (3) angket, dan (4) wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif-kualitatif dan deskriptif-kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) terdapat tiga langkah tindakan dalam peningkatan pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi pada siklus II yaitu ejaan, kalimat, dan contoh, (2) kemampuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi meningkat dengan perolehan skor prasiklus yaitu 68,88 (kurang), menjadi 75,73 (cukup) pada siklus I dan menjadi 80,11 (baik) pada siklus II, dan (3) siswa memberikan respons positif terhadap penggunaan media video “Flora dan Fauna” untuk meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa dengan skor rata-rata respons siswa 41,47 (positif) pada siklus I menjadi 44,85 (positif) pada siklus II.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v9i1.20315

Article Metrics

Abstract view : 522 times
PDF file view : 1007 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha (JPBSI) indexed by:

 Crossref 




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.