MODEL KOOPERATIFTIPE STADDALAM PEMBELAJARAN MENULIS FABEL DI KELAS VII SMP NEGERI 2 SERIRIT

Authors

  • Ni Putu Eka Mariani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Wendra Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Yasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i2.20399

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pelaksanaan pembelajaran menulis teks fabel menggunakan Model Kooperatif STAD (2) hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (3)mengetahui respons siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran menggunakan Model Kooperatiftipe STAD. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan subjek guru bahasa Indonesia, siswa kelas VIIdi SMPN 2 Seririt. Objek penelitian ini adalahpelaksanaan,hasil dan respons siswa terhadap Model KooperatifSTAD. Data dikumpulkan dengan metode observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan, penyimpulan. Adapun hasil penelitian ialah (1)pelaksanaan pembelajaran model STAD menggunakan 16 langkah, sesuai dengan langkah model tipe STAD (2) hasil belajar siswa mendapat hasil yang baik (83,55)dan (3) kelas VII merespons sangat positifterhadap model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Downloads

Published

2019-09-05

Issue

Section

Articles