PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI MEDIA DALAM PEMBELAJAN BAHASA INDONESIA KELAS VII DI SMP NEGERI 4 SINGARAJA

Kd Zervina Andryani, Sang Ayu Putu Sriasih, I Wayan Artika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkajijenis media internet dan penggunaannya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 4 Singaraja. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif.Pada penelitian ini subjek penelitian yang digunakan adalah gurubahasa Indonesia, siswa kelas VII A1 dan VII A2, serta internet.Sedangkan objek penelitian ini adalah jenis media internet dan penggunaan internet sebagai media pembelajaran. Jenis media internet dalam pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 4 Singaraja dilihat dari jenis media yang sering diguankan oleh guru pelajaran bahasa Indonesia. Sedangkan  penggunaan internet sebagai media dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 4 Singaraja dilihat dari cara guru menggunakan media internet dalam pembelajaran. Hasil penelitian didapatkan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian, yaitu (1) Jenis media internet yang digunakan adalah video dan teks, (2) video yang digunakan terdiri dari video cerita fantasi, video deskripsi, dan video prosedur. Sedangkan teks yang digunakan yaitu: teks deskripsi dan teks prosedur, (3)penggunaan media video digunakan dengan cara ditayangkan dan media teks digunakan sebagai contoh dalam bentuk hardcopy, (4) penggunaan internet sebagai media yang dilakukan oleh guru dan peserta didik kelas VII A1 dan VII A2  pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 4 Singaraja.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v9i2.20422

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha (JPBSI) indexed by:

 Crossref 




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.