REPRESENTASI HUKUM DALAM CERPEN HAKIM SARMIN KARYA AGUS NOOR: ANALISIS KONFLIK SOSIAL LEWIS A. COSER

Mega Tri Utami, I Wayan Wendra, I Nyoman Yasa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) gambaran konflik hukum di Indonesia, (2) representasi hukum dalam cerpen Hakim Sarmin Karya Agus Noor, dan (3) relevansi fenomena hukum dalam cerpen Hakim Sarmin Karya Agus Noor dalam pembelajaran teks cerpen di SMA. Subjek dalam penelitian ini adalah cerpen Hakim Sarmin karya Agus Noor. Penelitian ini berjenis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode dokumentasi. Dalam menganalisis data yang sudah dikumpulkan, peneliti menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Langkah-langkah yang dilakukan dalam tahap analisis data, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.Hasil penelitian ini adalah (1) berita-berita terkait konflik hukum di Indonesia menggambarkan adanya ketidakadilan hukum di Indonesia. Hal tersebut tercermin melalui putusan pengadilan yang berat sebelah. Konflik yang tercermin dalam berita tersebut, yaitu konflik realistis dan konflik nonrealistis. Terdapat satu data konflik realistis dan satu data konflik nonrealistis, (2) cerpen Hakim Sarmin karya Agus Noor merepresentasikan ketidakadilan hukum yang terjadi di Indonesia. Terdapat tujuh data konflik sosial Lewis A. Coser dengan rincian dua data konflik realistis dan lima data konflik nonrealistis, (3) fenomena hukum dalam cerpen Hakim Sarmin karya Agus Noor relevan digunakan sebagai bahan ajar teks cerpen untuk siswa kelas XI SMA, karena memenuhi tiga kriteria aspek pemilihan bahan ajar sastra, yaitu aspek bahasa, psikologi, dan latar belakang budaya.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v9i2.20428

Article Metrics

Abstract view : 1321 times
PDF file view : 1724 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha (JPBSI) indexed by:

 Crossref 




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.