PEMBINAAN MAJALAH MEKARPADA EKSTRAKURIKULER JURNALISTIK DI SMA NEGERI 1 SINGARAJA

Vila Puspita Sari, I Nengah Martha, Ida Ayu Made Darmayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas pembinaan majalah Mekarpada ekstrakurikuler jurnalistik di SMA Negeri 1 Singaraja. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pembina ekstrakurikuler jurnalistik di SMA Negeri 1 Singaraja.Objek penelitian ini adalah aktivitas pembinaan majalah Mekar. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahapananalisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan, penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan majalah Mekar pada ekstrakurikuler jurnalistik di SMA Negeri 1 Singaraja terdapat tiga aktivitas, yaitu aktivitas guru pembina memberikan informasi umum, pencarian data di lapangan, dan aktivitas guru pembina dalam melatih siswa memproduksi majalah. Dari ketiga aktivitas tersebut tedapat empat jenis pembinaan, yaitu pembinaan orientasi, kepribadian,  kecakapan dan pembinaan lapangan. Penggunaan model pembelajaran 5M juga ditemukan dalam penelitian ini. Pembinaan majalah Mekar pada ekstrakurikuler jurnalistik di SMA Negeri 1 Singaraja dikategorikan sudah maksimal. Penelitian ini direkomendasikan bagi sekolahsekolah lain agar dijadikan referensi untuk melakukan pembinaan memproduksi majalah sekolah

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v9i2.20442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha (JPBSI) indexed by:

 Crossref




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.