HUBUNGAN BUDAYA LITERASI (BACA-TULIS) DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XISMA NEGERI 7 DENPASAR

Pt Melia Suandewi, Ida Bagus Putrayasa, Gede Gunatama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan budaya literasi (baca-tulis) dengan hasil belajar bahasa Indonesia siawa kelas XI SMA Negeri 7 Denpasar. Penelitian ini merupakan penelitian koreleasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 7 Denpasar sedangkan sampel dalam penelitian ini siswa kelas XI IPA 4, XI IPA 6, XI IPA 10, dan XI IPS 1. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah teknik random sampling. Metode pengumpulan datadalam penelitian ini adalah metode observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis regresi satu predictor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) budaya literasi siswa kelas XI SMA Negeri 7 termasuk ke dalam kategori sangat tinggi dengan nilai rata – rata budaya literasi 82,78. (2) hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XI SMA Negeri 7 juga termasuk ke dalam kategori sangat tinggi dengan nilai rata – rata 78,78. (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara budaya literasi dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XI SMA Negeri 7 Denpasar dengan beta pisitif 0,843. Hal ini berarti semakin meningakat budaya literasi akan semakin meningkatkan hasil  belajar  Bahasa Indonesia sebesar 0,843, sebaliknya jika budaya literasi semakin menurun maka hasil belajar Bahasa Indonesia akan semakin menurun sebesar 0,843.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v9i2.20453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha (JPBSI) indexed by:

 Crossref




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.