PENERAPAN MEDIA VIDEO BREAKING NEWS DI TELEVISI GUNA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUTIARA SINGARAJA

Abdul Rohman, I Wayan Rasna, Ida Ayu Made Darmayanti

Abstract


Penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP Mutiara Singaraja ini bertujuan mengetahui (1) langkah-langkah pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan menggunakan video breaking news pada siswa kelas VIII SMP Mutiara Singaraja, (2) hasil peningkatan kemampuan siswa menulis teks eksplanasi melalui video breaking news pada siswa kelas VIII SMP Mutiara Singaraja, dan (3) respons siswa terhadap penerapan media video breaking news dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi di kelas VIII SMP Mutiara Singaraja. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru bahasa Indonesia kelas VIII SMP Mutiara Singaraja. Objek penelitian ini adalah proses pembelajaran serta peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi melalui media video breaking news, dan respons siswa. Data dikumpulkan dengan metode observasi, tes, dan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) proses pembelajaran terdiri dari beberapa langkah dan berjalan dengan baik sekaligus siswa aktif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, (2) tercapainya ketuntasan hasil belajar menulis teks eksplanasi siswa, yakni pada siklus I memperoleh skor rata-rata 74,5%, sedangkan pada siklus II nilai ratarata siswa meningkat menjadi 82,6%, dan (3) respons siswa pada siklus I dan siklus II tergolong positif terhadap penggunaan media video breaking news untuk meningkatkan kemampuan dalam menulis teks eksplanasi. Rata-rata perolehan respons pada siklus I sebesar 41,46 dan pada siklus II sebesar 42,07. Dapat disimpulkan bahwa penerapan media video breaking news di televisi dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMP Mutiara Singaraja. Kata Kunci: video breaking news, menulis, teks eksplanasi.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v9i2.20484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha (JPBSI) indexed by:

 Crossref




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.