ANALISIS KALIMAT IMPERATIF DALAM VIDEO TUTORIAL SKINCARE CLARIN HAYES DI YOUTUBE DAN RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR DI SMA

Anak Agung Sri Darmawanti, Made Sri Indriani, Made Astika

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan kalimat imperatif dalam video tutorial skincare Clarin Hayes di Youtube, dan (2) untuk mendeskripsikan kesesuaian video tutorial skincare Clarin Hayes di Youtube sebagai bahan ajar teks prosedur di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Analisis data dilakukan dengan teknik analisi deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) video tutorial skincare Clarin Hayes menggunakan lima macam kalimat imperatif; kalimat imperatif permintaan paling banyak digunakan dalam video tutorial skincare Clarin Hayes; yang terdiri atas 9 kalimat imperatif biasa, 23  kalimat imperatif permintaan, 5 kalimat imperatif pemberian izin, 9 kalimat imperatif ajakan, dan 15 kalimat imperatif suruhan; (2) video tutorial skincare Clarin Hayes memiliki relevansi dengan pembelajaran teks prosedur di SMA; video tutorial Skincare Clarin Hayes memiliki struktur dan syarat sesuai dengan pembelajaran teks prosedur, semua struktur dan kaidah kebahasan dalam teks prosedur; terdapat dalam video tutorial skincare Clarin Hayes hanya saja menggunakan gaya bahasa nonbaku

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v9i2.20488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha (JPBSI) indexed by:

 Crossref 




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.