PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS VIII A1 DI SMP NEGERI 1 SINGARAJA

Kadek Ayu Fitriani, I Made Sutama, I made Astika

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pembelajaran menulis teks biografi melalui pendekatan saintifik di kelas VIII A1 di SMP Negeri 1 Singaraja dan untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi siswa dalam belajar menulis teks biografi melalui pendekatan saintifik di kelas VIII A1 di SMP Negeri 1 Singaraja. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia yang mengajar di kelas VIII A1 di SMP Negeri 1 Singaraja dan siswa kelas VIII A1 di SMP Negeri 1 Singaraja. Objek penelitian ini adalah proses belajar mengajar guru dan siswa dikelas VIII A1 di SMP Negeri 1 Singaraja dalam menulis teks biografi melalui pendekatan saintifik dan hambatan-hambatan yang dihadapi siswa dalambelajar menulis teks biografi melalui pendekatan saintifik di kelas VIII A1 di SMP Negeri 1 Singaraja. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan, pelaksanaan pembelajaran menulis teks biografi melalui pendekatan saintifik pada siswa kelas VIII A1 di SMP Negeri 1 Singaraja sudah berlangsung baik sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru dan pada setiap kegiatannya terdiri dari beberapa aspek. Semua aspek yang ada pada RPP telah terlaksanadan berlangsung dari awal hingga akhir kegiatan belajar mengajar pada pertemuan mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam materi menulis teks biografi. Hambatan yang dihadapi oleh siswa dalam belajar menulis teks biografi melalui pendekatan saintifik adalah kekurangmampuan siswa dalam menemukan ide dan membuat gaya cerita yang baik. Guru sudah memberikan alternatif untuk merangsang siswa dalam menemukan ide yang ditulis dan dikembangkan dalam menulis teks biografi.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v8i2.20598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha (JPBSI) indexed by:

 Crossref 




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.