PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI FABEL DI KELAS VII 4 SMP NEGERI 2 SINGARAJA

Luh Pande Ayu Swadayani, I Made Sutama, Gede Gunatama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pembelajaran teks fabel siswa kelas VII 4 SMP Negeri 2 Singaraja dengan penerapan metode bermain peran yang meliputi aspek penerapan, respons, dan kendala-kendala yang dihadapi oleh guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Singaraja. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas VII 4 SMP Negeri 2 Singaraja. Objek penelitian ini adalah penerapan , respons, dan kendala-kendala penerapan metode bermain peran dalam pembelajaran teks fabel. Data yang diperoleh dikumpulkan dengan beberapa metode yakni: (1) metode observasi untuk mengamati proses pembelajaran berdasarkan aktivitas guru dan siswa selama belajar dengan metode bermain peran, (2) metode dokumentasi untuk mengumpulkan data berkaitan dengan keterampilan siswa memerankan teks fabel berdasarkan metode bermain peran, (3) metode wawancara untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru saat pembelajaran teks fabel siswa kelas VII 4 SMP Negeri 2 Singaraja dengan penerapan metode bermain peran,dan (4) metode kuisioner untuk mengetahui respons siswa dalam menggunakan metode bermain peran. Data observasi dan wawancara dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif,sedangkan data hasil angket kuisioner dengan teknik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) penerapan metode bermain peran pada pembelajaran bahasa indonesia materi fabel kelas VII 4 SMP Negeri 2 Singaraja berlangsung dengan baik, (2) respons siswa terhadap penerapan metode bermain peran di kelas VII 4 SMP Negeri 2 Singaraja sangat positif (27,73) dan, (3) kendala-kendala guru dalam penerapan metode bermain peran pada pembelajaran bahasa indonesia kelas VII 4 SMP Negeri 2 Singaraja ialah yang pertama kurangnya kesiapan siswa kurang, pembelajaran yang membosankan, kurangnya motivasi guru terhadap siswa.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v8i2.20626

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha (JPBSI) indexed by:

 Crossref




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.