Tinjauan Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi Peningkatan Ketereampilan Menulis Deskripsi Melalui Model Kooperatif Tipe Round Table
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i1.22853Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tinjauan ontologi, epistemology, dan aksiologi peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui model kooperatif tipe round table pada siswa kelas XA SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Proses Pendidikan tidak terlepas daru konsep ontology, epistemology, dan aksiologi di dalam pengkajiannya harus mencermikan Metode dalam analisis ini yaitu analisis konten inferensial, untuk mengintervensikan landasan filsafat ontologi, epistemologi, dan aksiologi oleh peneliti Anisatul Azizah Hasanah. Hasil dari ontologi penggunaan media kooperatif tipe round table dalam meningkatkan kreatifitas menulis deskripsi pada siswa SMA kelas XA SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta sudah digunakan dengan baik dan sesuai dengan landasan ontology. Hasil epistemologi dalam penelitian skripsi tersebut tidak disajikan hasil penilaian validitas dan reliabilitas oleh peneliti. Sedangkan aksiologi dalam skripsi tersebut telah memperlihatkan bahwa penggunaan media sangat membantu aktivitas proses pembelajaran di kelas serta dapat meningkatkan potensi peserta didik untuk mengembangkan keterampilan menulis deskeipsi dalam pelajaran Bahasa Indonesia di kelas.
Kata Kunci: Media round table; Landasan filsafat; Model kooperatif.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)