Tinjauan Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi Peningkatan Ketereampilan Menulis Deskripsi Melalui Model Kooperatif Tipe Round Table

Authors

  • Nur Afni Puji Rahayu Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i1.22853

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tinjauan ontologi, epistemology, dan aksiologi peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui model kooperatif tipe round table pada siswa kelas XA SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Proses Pendidikan tidak terlepas daru konsep ontology, epistemology, dan aksiologi di dalam pengkajiannya harus mencermikan Metode dalam analisis ini yaitu analisis konten inferensial, untuk mengintervensikan landasan filsafat ontologi, epistemologi, dan aksiologi oleh peneliti Anisatul Azizah Hasanah. Hasil dari ontologi penggunaan media kooperatif tipe round table dalam meningkatkan kreatifitas menulis deskripsi pada siswa SMA kelas XA SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta sudah digunakan dengan baik dan sesuai dengan landasan ontology. Hasil epistemologi dalam penelitian skripsi tersebut tidak disajikan hasil penilaian validitas dan reliabilitas oleh peneliti. Sedangkan aksiologi dalam skripsi tersebut telah memperlihatkan bahwa penggunaan media sangat membantu aktivitas proses pembelajaran di kelas serta dapat meningkatkan potensi peserta didik untuk mengembangkan keterampilan menulis deskeipsi dalam pelajaran Bahasa Indonesia di kelas.

Kata Kunci: Media round table; Landasan filsafat; Model kooperatif.

Downloads

Published

2021-04-30

Issue

Section

Articles