EFEKTIVITAS KALIMAT TEKS BERITA DALAM SIARAN RRI SINGARAJA

Gede Wirantika, Ida Bagus Putrayasa, Ida Ayu Made Darmayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) tingkat efektivitas kalimat teks berita dalam siaran RRI Singaraja, dan (2) bentuk ketidakefektifan kalimat teks berita yang terdapat dalam siaran RRI Singaraja. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan subjek penelitian adalah kalimat teks berita. Objek penelitian ini adalah efektivitas dan bentuk ketidakefektifan kalimat yang terdapat pada teks berita. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Dari data penelitian dengan menganalisis 10 teks berita, hasil yang diperoleh terkait Tingkat efektivitas dari keseluruhan teks berita yang dianalisis memperoleh hasil 69% yang tergolong cukup efektif. Selanjutnya, dari hasil analisis teks berita, ditemukan bentuk ketidakefektifan kalimat teks berita yang terdapat dalam siaran RRI Singaraja yang dominan disebabkan oleh kesalahan ketidaktepatan makna kata, pleonasme, dan penggunaan bahasa asing. Hasil penelitian ini dapat memberikan dampak yang baik dalam mengatasi bentuk-bentuk ketidakefektifan kalimat yang terdapat dalam teks berita

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v10i1.24551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha (JPBSI) indexed by:

 Crossref 




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.