PENERAPAN STRATEGI KWL (KNOW, WANT TO KNOW, LEARNED) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII SMP BALI STAR ACADEMY TAHUN AJARAN 2019/2020

Authors

  • Melita Eufrasia Jewaru Universitas Udayana
  • I Wayan Simpen Universitas Udayana
  • Ni Made Dhanawaty Universitas Udayana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v10i1.24552

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks persuasi siswa kelas VIII SMP Bali Star Academy dengan menggunakan strategi KWL ( Know, Want to Know, Learned). Penelitian ini  menggunakan metode campuran yakni kombinasi antara metode kuantitatif dan kualitatif khususnya model concurrent (kombinasi campuran) dengan bobot metode kualitatif lebih tinggi dari pada metode kuantitatif. Metode dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, kuesioner, dan tes. Data kuantitatif dianalisis menggunakan metode statistik sederhana dalam bentuk persentase (%), sedangkan data kualitatif dianalisis dengan menggunakan kata-kata. Terdapat tiga aspek penilaian kemampuan membaca pemahaman siswa, yakni keterampilan menangkap makna tersurat, penentuan ide pokok, dan menangkap makna tersirat. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada siklus I dan II. Pada tahap pratindakan, dari empat belas siswa kelas VIII SMP Bali Star Academy, hanya satu orang siswa dengan persentase 7% yang dinyatakan tuntas mencapai standar KKM 75 yang diberlakukan di sekolah tersebut. Pada siklus I terdapat delapan orang siswa dengan persentase 57% yang mencapai standar KKM atau terjadi peningkatan sebesar 50%. Pada siklus II semua siswa telah mencapai KKM. Ada beberapa faktor yang memengaruhi keberhasilan penerapan strategi KWL, antara lain pengetahuan awal tentang teks yang akan dibaca, tujuan khusus membaca, dan pemahaman informasi yang telah diperoleh dari bacaan

Downloads

Issue

Section

Articles