ANALISIS ASPEK STILISTIKA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANTOLOGI CERPEN PILIHAN KOMPAS TAHUN 2012, LAKI-LAKI PEMANGGUL GONI

Authors

  • Ida Ayu Putri Adityarini .
  • Drs. Gede Gunatama, M.Hum. .
  • I Nyoman Yasa, S.Pd., M.A. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v2i1.2458

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan stilistika yang digunakan pada cerpen-cerpen yang dimuat dalam antologi cerpen pilihan Kompas tahun 2012, Laki-Laki Pemanggul Goni dan (2) mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang terkandung pada cerpen-cerpen yang dimuat dalam antologi cerpen pilihan Kompas tahun 2012, Laki-Laki Pemanggul Goni. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah dua belas cerpen dari dua puluh cerpen yang terdapat dalam antologi cerpen pilihan Kompas tahun 2012, Laki-Laki Pemanggul Goni, yaitu “Laki-Laki Pemanggul Goni”, “Mayat yang Mengambang di Danau”, “Pohon Hayat”, “Requiem Kunang-Kunang”, “Batu-Asah dari Benua Australia”, “Pemanggil Bidadari”, “Ambe Masih Sakit”, “Wajah Itu Membayang di Piring Bubur”, “Perempuan Balian”, “Dua Wajah Ibu”, “Mayat di Simpang Jalan”, dan “Kurma Kiai Karnawi”. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode dokumentasi dengan teknik baca catat. Data yang didapat kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan hal-hal sebagai berikut. (1) Aspek stilistika yang terdiri atas unsur leksikal, gramatikal, retorika, dan kohesi dalam cerpen-cerpen yang diteliti sudah digunakan secara tepat dan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Hal ini dibuktikan oleh ketepatan penggunaan kata, ketepatan susunan kalimat, ketepatan penggunaan majas, ketepatan pemilihan bentuk penyiasatan struktur, ketepatan pilihan pencitraan, dan kekohesifan gagasan dalam cerpen-cerpen tersebut. Ketepatan penggunaan unsur-unsur stilistika tersebut pada akhirnya mengakibatkan ketepatan penyampaian pesan kepada pembaca dan terciptanya efek estetis serta penekanan pada gagasan-gagasan tertentu yang diinginkan oleh pengarang. (2) Cerpen-cerpen yang terdapat dalam Antologi Cerpen Pilihan Kompas tahun 2012, Laki-Laki Pemanggul Goni mengandung pesan atau amanat yang termasuk dalam nilai pendidikan karakter. Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam cerpen-cerpen yang terdapat dalam Antologi Cerpen Pilihan Kompas tahun 2012, Laki-Laki Pemanggul Goni, yaitu: religius, cinta tanah air, peduli lingkungan, pantang menyerah, kreatif, kerja keras, dan cinta damai.
Kata Kunci : stilistika, nilai pendidikan karakter, antologi cerpen pilihan Kompas tahun 2012

This study was aimed at (1) describing stylistics used in the short stories of short story anthology selected by Kompas in 2012, Laki-Laki Pemanggul Goni and (2) describing the character values observed in the short stories of short story anthology selected by Kompas in 2012, Laki-Laki Pemanggul Goni. This study was a descriptive qualitative study. The subject was twelve short stories among twenty short stories contained in the short story anthology selected by Kompas in 2012, Laki-Laki Pemanggul Goni, such as “Laki-Laki Pemanggul Goni”, “Mayat yang Mengambang di Danau”, “Pohon Hayat”, “Requiem Kunang-Kunang”, “Batu-Asah dari Benua Australia”, “Pemanggil Bidadari”, “Ambe Masih Sakit”, “Wajah Itu Membayang di Piring Bubur”, “Perempuan Balian”, “Dua Wajah Ibu”, “Mayat di Simpang Jalan”, and “Kurma Kiai Karnawi”. The method of data collection used in this study was documentation method with the technique of read-note. The data gained then were analyzed by using descriptive qualitative technique. The result indicated several things as follow, (1) the stylistic aspects which consisted of lexical, grammatical, rhetorical, and cohesion in the short stories being analyzed was used correctly and according to its each function. This was proven by the correct use of words, the sentence structure accuracy, the precision use of figurative language, the appropriate application of structure strategy, the accuracy of imaging options and cohesion of ideas in the short stories. The accurate use of those elements in turn resulted on the stylistic accuracy of delivering message to the readers and the impression of aesthetic effects and emphasis on certain ideas desired by the author. (2) the stories contained in the short story anthology selected by Kompas in 2012, Laki-Laki Pemanggul Goni contained character values. The character values observed in those short stories were religious, patriotic, caring environment, never give up, creative, hard working, and love of peace.
keyword : stylistic, the character value, an anthology of short stories selected by Kompas in 2012

Published

2014-02-27

Issue

Section

Articles