PENGGUNAAN FILM BISU DENGAN TEKNIK DUBBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYAMPAIKAN DIALOG DALAM DRAMA SISWA KELAS XI IPA 1 DI SMA NEGERI 2 NEGARA

I Putu Ari Utama Irawan ., Prof. Dr. I Nyoman Sudiana, M.Pd ., Drs.I Wayan Wendra,M.Pd .

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan (1) mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran yang efektif melalui penggunaan film bisu dengan teknik dubbing, (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa menyampaikan dialog dalam drama melalui penggunaan film bisu dengan teknik dubbing, dan (3) mendeskripsikan respons siswa terhadap penggunaan film bisu dengan teknik dubbing. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI IPA 1 SMAN 2 Negara yang berjumlah 41 orang. Objek penelitian ini adalah langkah-langkah, peningkatan hasil, dan respons siswa terhadap penggunaan film bisu dengan teknik dubbing. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode tes, dan metode kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat beberapa langkah-langkah pembelajaran yang efektif melalui penggunaan film bisu dengan teknik dubbing untuk meningkatkan kemampuan menyampaikan dialog dalam drama. Langkah-langkah tersebut menekankan pada pemberian contoh penyampaian dialog oleh guru, latihan berulang-ulang, dan pemberian penghargaan. (2) adanya peningkatan dan ketuntasan hasil belajar menyampaikan dialog dalam drama berkat diterapkannya film bisu dengan teknik dubbing, yakni pada data awal skor rata-rata klasikal 64 dengan kategori cukup, siklus I memperoleh skor rata-rata klasikal 76 dengan ketegori baik, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata klasikal siswa menjadi 80,90 dengan kategori baik, dan (3) siswa memberikan respons positif terhadap penggunaan film bisu dengan teknik dubbing dalam pembelajaran menyampaikan dialog dalam drama. Berdasarkan hasil penelitian ini, guru disarankan menggunakan media berupa film bisu dengan teknik dubbing ini untuk pelajaran yang menuntut keterampilan, khususnya menyampaikan dialog dalam drama.
Kata Kunci : film bisu, teknik dubbing, dialog, drama

Classroom Action Research (CAR) aims to (1) describe the steps for effective learning through the use of silent film with dubbing techniques, (2) describe an increase in the ability of students convey drama through the use of dialogue in the silent film dubbing techniques, and (3) describe student response to the use of silent film with dubbing techniques . Subjects of this research is teachers and students of class XI IPA 1 SMAN 2 State totaling 41 people. Object of this research is a step by step, increasing yields, and the response of students in the use of silent film with dubbing techniques. Data collection methods used in this study is the observation method, the test method and questionnaire method. Data were analyzed using descriptive techniques of quantitative and qualitative description. The results of this study were (1) there are several steps for effective learning through the use of silent film with dubbing techniques to improve the ability of delivering dialogue in the drama. These steps emphasizes providing examples of dialogue delivery by teachers, repetitive exercise, and giving rewards. (2) the achievement of improvement and mastery of learning outcomes expressed in the dialogue drama thanks to the implementation of the silent film dubbing techniques, namely the baseline average score of 64 with a classical category enough, the cycle I gained an average score of 76 with classical good category, while in second cycle the average value of 80.90 with classical students into either category, and (3) students give a positive response to the use of silent film with dubbing techniques in delivering learning dialogue in the drama. Based on these results, teachers are advised to use the media in the form of a silent movie with dubbing technique is to subjects that require skill, especially in the dialogue convey the drama.
keyword : silent film , dubbing techniques, dialogue, drama

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v2i1.2526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha (JPBSI) indexed by:

 Crossref 




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.