HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN MENULIS CERPEN

uliana dewi irwandani

Abstract


HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN MENULIS CERPEN

DAN KEMAMPUAN MENULIS BERITA FITUR

SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER JURNALISTIK

SMA/SMK DI SINGARAJA

oleh

Uliana Dewi Irwandani

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Bahasa dan Seni

ABSTRAK

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian korelasional kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan (1) tingkat keterampilan menulis cerpen, (2) tingkat kemampuan menulis berita fitur, dan (3) hubungan antara keterampilan menulis cerpen dan kemampuan menulis berita fitur siswa peserta ekstrakurikuler jurnalistik SMA/SMK di Singaraja. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode penugasan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tingkat keterampilan menulis cerpen siswa peserta ekstrakurikuler jurnalistik SMA/SMK di Singaraja tergolong tinggi dengan raihan skor rata-rata sebesar 83; (2) tingkat kemampuan menulis berita fitur siswa peserta ekstrakurikuler jurnalistik SMA/SMK di Singaraja tergolong sangat tinggi dengan skor rata-rata sebesar 86,56, dan (3) terdapat hubungan positif yang sangat tinggi antara keterampilan menulis cerpen dan kemampuan menulis berita fitur siswa peserta ekstrakurikuler jurnalistik SMA/SMK di Singaraja. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian nilai ro=0,996 yang menurut tabel interpretasi sederhana Guilford berada pada kisaran antara 0,90-1,00 yang menunjukkan adanya korelasi yang sangat kuat atau sangat tinggi antara keterampilan menulis cerpen (variabel X) dan kemampuan menulis fitur (variabel Y) siswa peserta ekstrakurikuler jurnalistik SMA/SMK di Singaraja. Hal ini juga dapat dilihat berdasarkan nilai “r” Product Moment (rt) yang menunjukkan bahwa ro>rt atau 0,996>0,666 pada taraf signifikansi 5% dan 0,996>0,798 pada taraf signifikansi 1%. Jika terdapat siswa yang mengalami kesulitan dalam berlatih menulis berita fitur, guru pembina ekstrakurikuler disarankan untuk menggunakan latihan menulis cerpen sebagai salah satu cara untuk melatih kemampuan menulis siswa.

Kata kunci: menulis, cerpen, berita fitur, ekstrakurikuler, jurnalistik

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v1i1.279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha (JPBSI) indexed by:

 Crossref 




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.