KETERAMPILAN BERARGUMENTASI LISAN

raka lucy purwakanthi

Abstract


KETERAMPILAN BERARGUMENTASI LISAN

DALAM PRESENTASI TUGAS KELOMPOK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VIIIF SMP NEGERI 3 MENGWI

oleh

A.A. Raka Lucy Purwakanthi, NIM 0812011089

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Bahasa dan Seni

Universitas Pendidikan Ganesha

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keterampilan berargumentasi lisan siswa dalam presentasi tugas kelompok pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIIIF SMP Negeri 3 Mengwi, (2) mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi siswa dan guru saat berargumentasi lisan dalam presentasi tugas kelompok pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIIIF SMP Negeri 3 Mengwi, dan (3) mendeskripsikan respons siswa terhadap penugasan berargumentasi lisan dalam tugas presentasi melalui tugas kelompok pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIIIF SMP Negeri 3 Mengwi.

Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VIIIF SMP Negeri 3 Mengwi yang berjumlah 40 orang siswa, dan seorang guru bidang bahasa dan sastra Indonesia. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskripitif kualitatif-kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, metode wawancara, dan metode angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterampilan berargumentasi lisan siswa dalam presentasi tugas kelompok pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIIIF SMP Negeri 3 Mengwi, tergolong baik, (2) dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan model presentasi tugas kelompok, guru dan siswa mengalami berbagai kendala, antara lain , guru merasa sulit mencari media yang mendukung pembelajaran, sarana yang dimiliki SMP Negeri 3 Mengwi masih terbatas, waktu yang tersedia dalam pembelajaran bahasa Indonesia relatif singkat, dan guru merasa sulit dalam menggunakan fasilitas sekolah, karena penggunaan fasilitas tersebut harus minta izin terlebih dahulu, kendala yang dialami siswa, yakni materi yang dipelajari saat presentasi tugas kelompok dirasa sulit, siswa mengalami kesulitan dalam bekerja secara berkelompok, dan siswa merasa malu saat menyampaikan argumentasi, dan (3) pembelajaran bahasa Indonesia dengan model presentasi tugas kelompok direspons positif oleh siswa.

Kata kunci: berargumentasi lisan, presentasi tugas kelompok


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v1i1.281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha (JPBSI) indexed by:

 Crossref




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.