KETERAMPILAN BERARGUMENTASI LISAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i1.281Abstract
KETERAMPILAN BERARGUMENTASI LISAN
DALAM PRESENTASI TUGAS KELOMPOK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VIIIF SMP NEGERI 3 MENGWI
oleh
A.A. Raka Lucy Purwakanthi, NIM 0812011089
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Pendidikan Ganesha
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keterampilan berargumentasi lisan siswa dalam presentasi tugas kelompok pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIIIF SMP Negeri 3 Mengwi, (2) mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi siswa dan guru saat berargumentasi lisan dalam presentasi tugas kelompok pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIIIF SMP Negeri 3 Mengwi, dan (3) mendeskripsikan respons siswa terhadap penugasan berargumentasi lisan dalam tugas presentasi melalui tugas kelompok pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIIIF SMP Negeri 3 Mengwi.
Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VIIIF SMP Negeri 3 Mengwi yang berjumlah 40 orang siswa, dan seorang guru bidang bahasa dan sastra Indonesia. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskripitif kualitatif-kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, metode wawancara, dan metode angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterampilan berargumentasi lisan siswa dalam presentasi tugas kelompok pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIIIF SMP Negeri 3 Mengwi, tergolong baik, (2) dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan model presentasi tugas kelompok, guru dan siswa mengalami berbagai kendala, antara lain , guru merasa sulit mencari media yang mendukung pembelajaran, sarana yang dimiliki SMP Negeri 3 Mengwi masih terbatas, waktu yang tersedia dalam pembelajaran bahasa Indonesia relatif singkat, dan guru merasa sulit dalam menggunakan fasilitas sekolah, karena penggunaan fasilitas tersebut harus minta izin terlebih dahulu, kendala yang dialami siswa, yakni materi yang dipelajari saat presentasi tugas kelompok dirasa sulit, siswa mengalami kesulitan dalam bekerja secara berkelompok, dan siswa merasa malu saat menyampaikan argumentasi, dan (3) pembelajaran bahasa Indonesia dengan model presentasi tugas kelompok direspons positif oleh siswa.
Kata kunci: berargumentasi lisan, presentasi tugas kelompok
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)