REPRESENTASI NILAI KARAKTER DAN KEARIFAN LOKAL (LOCAL GENIUS) PADA CERPEN SURAT KABAR BALI POST (SEBAGAI DASAR MENENTUKAN CERPEN YANG LAYAK DITERBITKAN)

I Wayan Wendra, I Nyoman yasa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah berikut. Bagaimana representasi keberadaan nilai karakter pada cerpen yang termuat pada surat kabar Bali Post? Kearifan lokal apa saja yang dipresentasikan pada cerpen yang termuat pada surat kabar Bali Post? Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah cerpen yang diambil dari surat kabar Bali Post mulai Januari-Maret 2020. Objek penelitiannya adalah representasi keberadaan nilai karakter pada cerpen dan kearifan lokal  yang dipresentasikan pada cerpen.  Data dikumpulkan dengan metode pencatatan dokumen. Data dianalisis dengan metode  induktif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Presentasi keberadaan nilai karakter  pada cerpen  telah mencakup sebagian besar  nilai karakter yang harus ditanamkan kepada anak bangsa dan relevan dengan nilai-nilai karakter yang harus ditanamkan dan sesuai dengan ideologi yang diusung Bali Post yakni Pancasila dan prinsip Ajeg Bali. Nilai karakter yang dipresentasikan  secara berurut sebagai berikut:  nilai tanggung jawab, nilai cinta tanah air, nilai kerja keras, nilai religius, nilai toleransi, nilai bersahabat/komunikatif, nilai semangat kebangsaan, nilai peduli sosial, nilai disiplin,  nilai cinta damai,  nilai mandiri,  nilai peduli lingkungan,  nilai jujur dan nilai kreatif.  Keberadaan nilai karakter  yang mendominasi adalah nilai tanggung jawab dan nilai cinta tanah air. Kearifan lokal yang direpresentasikan dalam cerpen ada lima  yakni: kearifan lokal sebagai pedoman bertindak agar teliti, pedoman bertindak waspada, pedoman berbuat ikhlas, pedoman sikap bertanggung jawab dan  pedoman sikap ingin berprestasi. Keberadaan cerpen yang termuat di Bali Post konsisten dengan idelogi yang diusung yakni Pancasila dan Prinsip Ajeg Bali. Hal in memberi peluang bagi guru dalam memilih materi teks yang autentik dan kontekstual dalam pembelajaran dan bagi dosen pengampu mata kuliah kejurnalistikan untuk pertimbangan pemikiran dalam pembelajaran menulis teks cerpen yang layak dimuat . Juga sebagai  alternatif dasar pertimbangan  dalam memilih teks cerpen yang layak dimuat sesuai dengan ideologi yang diusung sebuah media

Kata Kunci: Representasi, Nilai karakter, Kearifan lokal, Cerpen


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v10i2.29104

Article Metrics

Abstract view : 608 times
PDF file view : 343 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha (JPBSI) indexed by:

 Crossref 




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.