PEMBELAJARAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN METODE COOPERATIVE SCRIPT DI KELAS X IPS 1

Kadek Perayani, Sang Ayu Putu Sriasih, I Wayan Wendra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perencanaan pembelajaran teks laporan hasil observasi dengan metode cooperative script di kelas X IPS 1 SMAN N 3 Singaraja, (2) pelaksanaan pembelajaran teks laporan hasil observasi dengan metode cooperative script di kelas X IPS 1 SMAN 3 Singaraja, (3) evaluasi pembelajaran teks laporan hasil observasi dengan metode cooperative script di kelas X SMAN 3 Singaraja.  Objek penelitian ini yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran dengan metode cooperative script. Subjek penelitian ini  guru bahasa Indonesia di SMAN 3 Singaraja. Rancangan penelitain menggunakan deskripstif kualitatif. Pengumpulan data  menggunakan metode (1) observasi,(2) wawancara, (3) dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran teks laporan hasil observasi dengan metode cooperative script sudah sesuai dengan pembelajaran berdasarkan karakteristik metode cooperative script juga sejalan dengan ketentuan Kurikulum 2013, namun perlu ditambahkan sumber belajar yang sesuai dengan pembelajaran, media pembelajaran seharusnya disesuaikan dengan karakteristik siswa (2) pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan sudah sesuai dengan skenario pembelajaran berdasarkan karakteristik metode cooperative script, namun terdapat hal yang masih luput yaitu apersepsi dan  pemanfaatan alokasi, (3) evaluasi pembelajaran sudah sesuai dengan prinsip metode cooperative script. Namun ada beberapa yang masih luput dari perhatian guru yaitu petunjuk soal dan rentangan skor pada butir soal.

Kata Kunci: Pembelajaran Teks laporan hasil observasi, metode Cooperative Script.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v10i2.29133

Article Metrics

Abstract view : 570 times
PDF file view : 6780 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal is published by:



Universitas Pendidikan Ganesha

 Indexed by:

  




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.