Penggunaan Aplikasi Articulate Storyline dalam Pembelajaran Mandiri Teks Negosiasi Kelas X Boga di SMK Negeri 2 Singaraja

Authors

  • Made Sri Indriani Universtas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Artika Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dwi Ratih Wahyu Ningtias Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i1.29316

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penggunaan aplikasi articulate storyline dalam pembelajaran mandiri teks negosiasi, (2) pengalaman belajar yang diperoleh peserta didik dengan penggunaan aplikasi articulate storyline dalam pembelajaran mandiri teks negosiasi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas X Boga. Objek penelitian ini adalah penggunaan aplikasi articulate storyline dalam pembelajaran mandiri teks negosiasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) penggunaan aplikasi articulate storyline dalam pembelajaran mandiri, pertama peserta didik dalam proses pembelajaran di ruang laboratorium komputer, semua kelompok diarahkan untuk mencari materi pelajaran teks negoasiasi dari berbagai sumber, setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil pembelajaran di depan kelas, (2) pengalaman belajar yang diperoleh peserta didik dengan penggunaan aplikasi articulate storyline yaitu memudahkan peserta didik memahami materi teks negosiasi dalam pembelajaran mandiri, membuat pembelajaran mandiri lebih efektif dan berdaya guna, memotivasi peserta didik dalam proses belajar, dan kesulitan peserta didik dalam penggunaan aplikasi articulate storyline.

Kata Kunci: aplikasi articulate storyline; pembelajaran mandiri; teks negosiasi.

Author Biography

Dwi Ratih Wahyu Ningtias, Universitas Pendidikan Ganesha

Mahasiswa

Downloads

Published

2021-05-08

Issue

Section

Articles