Struktur dan Kebahasaan Berita Feature Kompas

I Made Sutama, I Made Astika, Kadek Nara Widyatnyana

Abstract


Penelitian deskriptif kualitiatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan, struktrur dan kebahasaan berita feature Kompas serta relevansinya terhadap pembelajaran menulis teks berita kelas VIII kurikulum 2013. Subjek penelitian ini adalah berita feature Kompas edisi November 2019. Objek penelitian ini adalah struktur dan kebahasan berita feature Kompas serta relevansi terhadap pembelajaran menulis teks berita kelas VIII kurikulum 2013. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dokumentasi. Penelitian ini menggunakan empat teknik analisis data yaitu, identifikasi, reduksi, penyajian, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) berita feature Kompas menggunakan struktur judul, lead, tubuh, dan penutup. Selain itu, pola pengembangan struktur yang digunakan ada tiga yaitu piramida terbalik, piramida biasa, dan tabung, (2) berita feature Kompas dominan menggunakan kebahasaan seperti naratif, terdapat kalimat langsung, terdapat konjungsi (koordinatif, subordinatif, dan antarkalimat), dan menggunakan tata bahasa baku, (3) berita feature memiliki relevansi terhadap pembelajaran menulis kelas VIII kurikulum 2013. Hal ini dibuktikan oleh keterkaitan berita feature dengan kompetensi dasar pembelajaran teks berita kelas VIII. Selain itu, keterkaitan juga dibuktikan dari aspek media, dan materi pembelajaran teks berita.

Kata Kunci: Struktur kebahasaan; feature Kompas; teks berita.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v11i1.29318

Article Metrics

Abstract view : 691 times
PDF file view : 3510 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha (JPBSI) indexed by:

 Crossref 




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.