Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)

Leni Meilani, Bahja Bastulbar, Wienike Dinar Pratiwi

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak yang dialami oleh siswa sekolah menengah atas (SMA) terhadap aspek kognitif, afektif, dan psikomotor selama pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring diberlakukan. Selain dampak yang dirasakan, terdapat pula kendala yang dihadapi oleh siswa menengah atas (SMA)  terhadap penerapan pembelajaran jarak jauh. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan deskrptif kualitatif dari hasil kuesioner  melalui google form. Kuesioner diajukan kepada siswa menengah atas mulai dari kelas X, XI, dan dan kelas XII. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 20 responden. Adapun metode yang digunakan berupa metode kualitatif. Dari hasil penelitian bahwa 80% dari responden mengikuti Pembelajaran jarah jauh dan 20% responden jarang mengikuti proses pembelajaran jarak jauh. Hal tersebut dialami oleh siswa baik jurusan IPA maupun IPS. 50% dari responden mengalami perubahan terhadap aspek kognitif, 45% dari responden  mengalami perubahan aspek psikomotor dan 60% dari responden mengalami perubahan terhadap aspek afektif.

Kata Kunci: Pembelajaran Jarak Jauh; dampak PJJ; kendala PJJ.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v11i3.31476

Article Metrics

Abstract view : 1456 times
PDF file view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal is published by:



Universitas Pendidikan Ganesha

 Indexed by:

  




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.