Validitas Perangkat Pembelajaran Teks Biografi Berorientasi Strategi E-Learning
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i1.32615Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran teks biografi berorientasi e-learning yang valid. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan, guru membutuhkan perangkat pembelajaran yakni RPP, Bahan Ajar, Asesmen, dan Portal e-learning yang digunakan dalam pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah dua orang ahli bahasa dan pengajaran, objek penelitian ini adalah kevalidan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Data dikumpulkan dengan metode angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan perangkat pembelajaran yang disusun valid. Tingkat validitas RPP sebesar 99,3% (sangat valid), tingkat validitas bahan ajar sebesar 98,4% (sangat valid), tingkat validitas media pembelajaran sebesar 98,8% (sangat valid), dan tingkat validitas asesmen sebesar 100% (sangat valid). Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran teks biografi berorientasi strategi e-learning bersifat valid. Adapun saran dalam penelitian ini menjadi salah satu alternatif penggunaan e-learning untuk diterapkan guna menciptakan serta menunjang proses pembelajaran yang inovatif.
Kata Kunci: e-learning; teks biografi; validitas
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)