Validitas Perangkat Pembelajaran Teks Biografi Berorientasi Strategi E-Learning

Ni Made Rai Wisudariani, I Putu Agus Ari Satria Putra, Ida Ayu Made Darmayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran teks biografi berorientasi e-learning yang valid. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan, guru membutuhkan perangkat pembelajaran yakni RPP, Bahan Ajar, Asesmen, dan Portal e-learning yang digunakan dalam pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah dua orang ahli bahasa dan pengajaran, objek penelitian ini adalah kevalidan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Data dikumpulkan dengan metode angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan perangkat pembelajaran yang disusun valid. Tingkat validitas RPP sebesar 99,3% (sangat valid), tingkat validitas bahan ajar sebesar 98,4% (sangat valid), tingkat validitas media pembelajaran sebesar 98,8% (sangat valid), dan tingkat validitas asesmen sebesar 100% (sangat valid). Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran teks biografi berorientasi strategi e-learning bersifat valid. Adapun saran dalam penelitian ini menjadi salah satu alternatif penggunaan e-learning untuk diterapkan guna menciptakan serta menunjang proses pembelajaran yang inovatif.

Kata Kunci: e-learning; teks biografi; validitas


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v11i1.32615

Article Metrics

Abstract view : 82 times
PDF file view : 111 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha (JPBSI) indexed by:

 Crossref 




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.