Validitas Perangkat Pembelajaran Teks Biografi Berorientasi Strategi E-Learning

Authors

  • Ni Made Rai Wisudariani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Agus Ari Satria Putra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Ayu Made Darmayanti Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i1.32615

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran teks biografi berorientasi e-learning yang valid. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan, guru membutuhkan perangkat pembelajaran yakni RPP, Bahan Ajar, Asesmen, dan Portal e-learning yang digunakan dalam pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah dua orang ahli bahasa dan pengajaran, objek penelitian ini adalah kevalidan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Data dikumpulkan dengan metode angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan perangkat pembelajaran yang disusun valid. Tingkat validitas RPP sebesar 99,3% (sangat valid), tingkat validitas bahan ajar sebesar 98,4% (sangat valid), tingkat validitas media pembelajaran sebesar 98,8% (sangat valid), dan tingkat validitas asesmen sebesar 100% (sangat valid). Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran teks biografi berorientasi strategi e-learning bersifat valid. Adapun saran dalam penelitian ini menjadi salah satu alternatif penggunaan e-learning untuk diterapkan guna menciptakan serta menunjang proses pembelajaran yang inovatif.

Kata Kunci: e-learning; teks biografi; validitas

Author Biography

I Putu Agus Ari Satria Putra, Universitas Pendidikan Ganesha

Mahasiswa

Downloads

Published

2021-04-30

Issue

Section

Articles