PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI NILAI-NILAI KEHIDUPAN DALAM CERPEN DI KELAS X.D SMA NEGERI 1 KUBUTAMBAHAN

Authors

  • Ketut Rosiani .
  • Prof. Dr. I Nyoman Sudiana, M.Pd .
  • Ida Ayu Made Darmayanti, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v2i1.3480

Abstract

ABSTRAK Pen Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan (1) mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan memahami nilai-nilai kehidupan dalam cerpen di kelas X.D SMA Negeri 1 Kubutambahan, (2) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan strategi pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan memahami nilai-nilai kehidupan dalam cerpen siswa di kelas X.D SMA Negeri 1 Kubutambahan, (3) mendeskripsikan respons siswa di kelas X.D terhadap penerapan strategi pembelajaran kontekstual di SMA Negeri 1 Kubutambahan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X.D SMA Negeri 1 Kubutambahan yang berjumlah 38 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil, langkah-langkah, dan respons siswa dalam penerapan strategi pembelajaran kontekstual. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan angket/kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) tercapainya ketuntasan hasil belajar membaca pemahaman siswa berkat diterapkannya strategi pembelajaran kontekstual, yakni siklus I memperoleh nilai rata-rata klasikal 73,08, dan pada siklus II nilai rata-rata klasikal siswa menjadi 78,27, (2) terdapat beberapa langkah penerapan strategi pembelajaran kontekstual antara lain memberikan apersepsi kepada siswa terkait materi pembelajaran, mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui pengetahual awal siswa, menyampaikan materi dan contoh-contoh yang relevan untuk memperjelas materi yang diajarkan serta menjelaskan strategi pembelajaran yang diterapkan, membagikan contoh cerpen serta menugasi siswa untuk membaca, memahami dan mencatat niali-nilai kehidupan yang terkandung dalam cerpen, mengajak siswa untuk menghubungkan nilai-nilai yang ditemukan dalam cerpen ke dalam kehidupan sehari-hari, (3) siswa memberikan tanggapan sangat positif terhadap penerapan strategi pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran membaca pemahman. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan (1) Penerapan strategi pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. (2) Langkah-langkah yang ditempuh dalam menerapkan strategi pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran membaca pemahaman sangat efektif dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. (3) Penerapan strategi pembelajaran kontekstual pada pembelajaran membaca pemahaman mendapat respons sangat positif dari siswa. Oleh karena itu, peneliti lain disarankan untuk menerapkan strategi pembelajaran kontekstual, sebagai salah satu strategi pembelajaran, pada mata pelajaran bahasa yang lain pada umumnya dan pada pelajaran Bahasa Indonesia, pada khususnya.
Kata Kunci : Kata kunci : pembelajaran kontekstual, kemampuan pemahaman,nilai-nilai kehidupan dalam cerpen

ABSTRACT This Classroom Action Research (CAR) aimed to (1) describe the application of contextual learning strategies to improve the ability to comprehend the live values in short stories in class XD SMAN 1 Kubutambahan, (2) describe the steps of contextual learning strategies to improve the ability to comprehend the live values in short stories in class XD SMAN 1 Kubutambahan, (3) describe the responses of students in the class XD to the application of contextual learning strategies in SMA Negeri 1 Kubutambahan. Subjects in this study were teachers and students class XD of SMA Negeri 1 Kubutambahan, the total were 38 people. Object of this study was the improvement of results, the steps, and the response of the students in the application of contextual learning strategies. Data collection methods used in this study was the observation, tests and questionnaires. Data were analyzed using descriptive quantitative and descriptive qualitative techniques. The results of this study were (1) achievement mastery of learning outcomes of students reading comprehension due to the application of contextual learning strategies, in cycle I gained a classical average 73.08, and in cycle II the classical average student becomes 78.27, (2 ) there are several steps the application of contextual learning strategies include providing apersepsi related to student learning materials, ask questions to the students to determine the students’ prior knowledge, deliver material and relevant examples to clarify and explain learning strategies applied, share examples of short stories and assigns students to read, comprehend and write down life values contained in the story, invite students to connect the values found in the short story into everyday life, (3) students responded very positively to the application of contextual learning strategies in reading comprehension. Based on these results, we can conclude (1) The application of contextual learning strategies can improve students' reading comprehension. (2) The steps taken in implementing contextual learning strategies in reading comprehension is very effective learning that can improve students' reading comprehension. (3) The application of contextual learning strategies in teaching reading comprehension got a very positive response from students. Therefore, other researchers suggested to apply contextual learning strategies, as a learning strategy, on the other language subjects in general and especially in the Indonesian subject.
keyword : Keywords: contextual learning, comprehending ability, life values in short stories

Published

2014-07-16

Issue

Section

Articles