Analisis Tokoh Utama Pada Naskah Drama "Cermin" Karya Nano Riantiarno Dengan Pendekatan Ekspresif

Nadiva Salsabila, Wika Soviana Devi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tokoh utama yang terdapat dalam naskah drama “Cermin” karya Nano Riantiarno berdasarkan ekspresi atau ide pengarang itu sendiri. Pada sebuah karya sastra tentu saja seorang penulis akan menuangkan segala idenya sebagai produk imajinasi yang dimiliki. Hal ini berpengaruh terhadap unsur-unsur yang membangun cerita itu sendiri. Salah satunya ialah tokoh utama pada sebuah karya sastra khususnya naskah drama. Tokoh dalam naskah drama merupakan unsur penggerak dalam cerita. Drama yang berjudul “Cermin” karya Nano Rintiarno ini memiliki tokoh utama yang unik untuk dikaji. Adapun pendekatan yang digunakan untuk melakukan analisis ialah dengan pendekatan ekspresif. Pendekatan ekspresif merupakan pendekatan yang mengkaji ekspresi perasaan atau temperamen penulis. Hanya terdapat satu tokoh yang berperan aktif dan merangkap tokoh-tokoh lain berdasarkan apa yang ia bayangkan layaknya sebuah cermin. Pola cerita seperti ini tentu saja merupakan buah dari pemikiran penulis. Adapun metode yang digunakan dalam menganalisis naskah drama ialah metode kualitatif deskriptif. Data pada penelitian ini ialah berupa kutipan-kutipan dialog dalam naskah drama “Cermin” karya Nano Riantiarno. Data diperoleh dengan membaca secara cermat dan mencatat. Hasil analisis tokoh utama pada naskah drama “Cermin” dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga langkah sebagai berikut. 1. Biografi Nano Riantiarno, 2. Penafsiran pemahaman drama melalui unsur-unsur pembangunnya, 3. Kajian berdasarkan tinjaun psikologis/kejiwaan pengarang.

Kata Kunci: naskah drama, pendekatan ekspresif, tokoh utama

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v11i3.36072

Article Metrics

Abstract view : 1263 times
PDF file view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal is published by:



Universitas Pendidikan Ganesha

 Indexed by:

  




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.