PENGGUNAAN MEDIA BROSUR PERJALANAN WISATA SEBAGAI STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS X.1 SMA SARASWATI SINGARAJA

Authors

  • Ratna Rakasiwi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i2.364

Abstract

PENGGUNAAN MEDIA BROSUR PERJALANAN WISATA SEBAGAI STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS X.1 SMA SARASWATI SINGARAJA

oleh

Anak Agung Ratna Rakasiwi, NIM 0912011042

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi dengan penggunaan brosur perjalanan wisata yang diterapkan guru di kelas X.1 SMA Saraswati Singaraja, (2) mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran menulis karangan narasi dengan penggunaan brosur perjalanan wisata yang diterapkan guru di kelas X.1 SMA Saraswati Singaraja, (3) mengetahui respons siswa terhadap pembelajaran menulis karangan narasi dengan menggunakan media brosur perjalanan wisata. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X.1 SMA Saraswati Singaraja, sedangkan objeknya adalah keterampilan menulis karangan narasi dengan menggunakan media brosur perjalanan wisata. Secara lebih terperinci objek penelitian ini  adalah kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan media brosur perjalanan wisata, langkah-langkah pembelajaran menulis karangan narasi dan respons siswa terhadap penggunaan media brosur perjalanan wisata. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode kuisioner dan metode tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan teknik analisis data deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan brosur perjalanan wisata dalam pembelajaran menulis karangan narasi (1) dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa. (2) dilakukan dengan beberapa langkah yang sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang sudah dirancang oleh guru, dan (3) adanya respons sangat positif dari siswa terhadap penggunaan media brosur dalam pembelajaran menulis narasi. Adanya peningkatan hasil kemampuan menulis karangan narasi siswa setelah digunakannya media brosur perjalanan wisata yaitu pada refleksi awal, sebelum menggunakan brosur perjalanan wisata, skor rata-rata menulis karangan narasi siswa adalah 60,8, sedangkan pada siklus I, yakni setelah menggunakan brosur perjalanan wisata, skor rata-rata siswa meningkat menjadi 66,71. Setelah diberikan tindakan pada sklus II, skor rata-rata siswa adalah 82,47. Dari peningkatan tersebut, ketuntasan belajar klasikal yang dicapai siswa sudah memenuhi tuntutan yang diharapkan.

 

Kata kunci : brosur perjalanan wisata, menulis, karangan narasi

Downloads

Published

2013-02-19

Issue

Section

Articles