RELASI MANUSIA DENGAN ALAM DALAM NOVEL SENJA & PAGI KARYA ALFFY REV DAN LINKA ANGELIA (SEBUAH KAJIAN EKOLOGI SASTRA)

Authors

  • Putra Pratama Universitas PGRI Palembang
  • Darwin Effendi Universitas PGRI Palembang
  • Juaidah Agustina Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v12i3.37859

Keywords:

ekologi sastra, relasi manusia, novel senja & pagi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kajian ekologi sastra yang terdapat dalam novel Senja & Pagi karya Alffy Rev dan Linka Angelia. Unsur Intrinsik yang berhubungan dengan kajian ekologi sastra yakni tema, tokoh, dan latar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian ini menganalisis kajian ekologi sastra dalam novel Senja & Pagi, dengan hasil penelitian bahwa terdapat relasi antara kajian ekologi sastra dan bentuk unsur intrinsik yang terdapat dalam novel Senja & Pagi yang meliputi: (1) relasi tema dengan lingkungan alam alami/buatan, (2) relasi tokoh dengan lingkungan alam alami/buatan, (3) relasi latar dengan lingkungan alam alami/buatan. Latar dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga yaitu: latar tempat, latar waktu, dan latar suasana yang mempunyai relasi dengan lingkungan alam alami/buatan. Tema perjalanan cinta dalam novel “Senja & Pagi” menggambarkan relasi tema dengan lingkungan alam bahwa kata “Senja & Pagi” merupakan lingkungan alam alami yang menggambarkan sosok Alffy yang seperti senja dan sosok Linka yang menyerupai pagi. Tokoh dalam novel “Senja & Pagi”  menggunakan lingkungan alam secara bersama-sama baik itu lingkungan alam alami/buatan. Serta latar tempat, waktu, maupun suasana yang sangat di pengaruhi dengan lingkungan alam sekitar.

Author Biography

Putra Pratama, Universitas PGRI Palembang

Pendidikan Bahasa Indonesia

References

Agustina, Juaidah (2016). Citra Tokoh dalam Novel Mekar Menjelang Malam Karya Mira. W. Universitas PGRI Palembang. Prosiding 2016.

Mardiyah, Lita., & Agustina, Juaidah. Aspek Moral dalam Novel Compicated Karya Theresia Tinjauan: Sosiologi Sastra. Jurnal Pembahsi, Volume 11, No. 1 Tahun 2021

Albi Anggito, J. S. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Alffy Rev, L. A. (2019). Senja & Pagi. Jakarta: Loveable x Bhumi Anoma.

Darwin Effendi, H. (2019). Pandangan Dunia Pengarang dalam Novel Bulan Terbelah di Langit Amerika Karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra serta Implikasinya dalam Pengajaran Sastra. Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 62-76. doi:10.33369/diksa.v5i2.9707

Endraswara, S. (2016). Metodologi Penelitian Ekologi Sastra. Yogyakarta: CAPS.

Endraswara, S. (2016). Sastra Ekologis: Teori dan Praktik Pengkajian. Yogyakarta: CAPS.

Nurgiyantoro, B. (2018). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Widianti, A. W. (2017). Kajian Ekologi Sastra dalam Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2014 Di Tubuh Tarra dalam Rahim Pohon”. Jurnal Diksatrasia, Volume 1, Nomor 2.

Putra, C. R. W., & Sugiarti. (2019). Ekologi Budaya dalam Novel Lanang Karya Yonathan Raharjo. Jurnal Atavisme, Volume 22, Nomor 1.

Sundari, Wardarita, Wardiah. Kajian Ekologi Sastra dalam Novel Perempuan Bersampur Merah Karya Intan Andaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 5, Nomor 3.

Amal, Emil., & Widayati, Sri. Analisis Ekologi Karya Sastra pada Novel Rindu Terpisah di Raja Ampat Karya Kirana Kejora Sebagai Alternatif Bahan Ajar di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Griya Cendikia, Volume 6, No. 2, Juli 2021

Downloads

Published

2022-09-29

Issue

Section

Articles