Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Lab Undiksha Singaraja

Authors

  • Desy Febri Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i3.38250

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Bahasa Indonesia pada masa pandemi Covid-19 di SMP Lab Undiksha Singaraja. Penelitian ini berjenis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif.  Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-1  dan guru Bahasa Indonesia. Objek penelitian ini disesuaikan dengan rumusan masalah pada penelitian, yaitu pembelajaran Bahasa Indonesia pada masa pandemi Covid-19 di SMP Lab Undiksha. Metode dalam penelitian ini yakni metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi, dan metode angket. Pembelajaran daring yang telah dilaksanakan sangatlah berbeda dengan pembelajaran sebelum pandemi terjadi. Hal ini terlihat dari cara mengajar yang dulunya tatap muka sekarang berlangsung secara tanpa tatap muka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia pada masa pandemi Covid-19 di SMP Lab Undiksha walaupun fasilitas dan penunjang yang memadai tidak membuat pembelajaran luput dari kendala yang bermunculan.

Kata Kunci: Masa Pandemi; Pembelajaran Bahasa Indonesia; Pembelajaran Daring.

Author Biography

Desy Febri, Universitas Pendidikan Ganesha

Universitas Pendidikan Ganesha

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles