Penggunaan Aplikasi Quizlet dalam Kegiatan Evaluasi Pembelajaran Surat Pribadi dan Surat Dinas pada Siswa Kelas VII/i di SMP Negeri 10 Denpasar

Ni Wayan Lindayani, Gde Artawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan aplikasi Quizlet dalam kegiatan evaluasi pembelajaran surat pribadi dan surat dinas pada siswa kelas VII/i di SMP Negeri 10 Denpasar. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII/i SMP Negeri 10 Denpasar dan guru Bahasa Indonesia yang mengajar di kelas VII/i SMP Negeri 10 Denpasar. Objek penelitian ini adalah penggunaan aplikasi Quizlet dalam kegiatan evaluasi pembelajaran surat pribadi dan surat dinas pada siswa kelas VII/i di SMP Negeri 10 Denpasar. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi. Tahapan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan tentang penggunaan aplikasi Quizlet dalam kegiatan evaluasi pembelajaran surat pribadi dan surat dinas. Sebelum guru melaksanakan kegiatan evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi Quizlet, guru terlebih dahulu melaksanakan tiga tahapan kegiatan pembelajaran, yakni kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada penggunaan aplikasi Quizlet dalam kegiatan evaluasi pembelajaran surat pribadi dam surat dinas pada siswa kelas VII/i di SMP Negeri 10 Denpasar, guru telah menyiapkan rangkaian kartu-kartu (flashcard) yang pada aplikasi Quizlet yang berisi rangkuman bahan ajar surat pribadi dan surat dinas. Guru telah mempersiapkan tes dengan menggunakan dua mode (mode learn dan mode match) untuk siswa dalam melakukan kegiatan evaluasi pembelajaran terkait materi surat pribadi dan surat dinas. Pada mode learn (pelajari), guru memberikan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan materi ajar yang sudah disediakan dalam flashcard. Pada mode match terdapat 6 pasang kartu yang harus dicocokkan oleh siswa dan yang mendapat nilai terbaik adalah siswa yang menjawab dengan tepat dan dengan waktu tercepat. 

Kata Kunci: Aplikasi Quizlet, Evaluasi Pembelajaran, Surat Pribadi dan Surat Dinas.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v11i3.38594

Article Metrics

Abstract view : 248 times
PDF file view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal is published by:



Universitas Pendidikan Ganesha

 Indexed by:

  




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.