AKTIVITAS EKSTRAKURIKULER JURNALISTIK DI SMK NEGERI 1 SINGARAJA

Authors

  • Nur Faizah Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Sutama Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Yasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v12i3.39616

Keywords:

aktivitas jurnalistik, ekstrakurikuler, produk jurnalistik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik di SMK Negeri 1 Singaraja, pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik di SMK Negeri 1 Singaraja, produk dan aktivitas ekstrakurikuler jurnalistik yang ada di SMK Negeri 1 Singaraja. Rancangan penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif digunakan untuk mencari gambaran yang jelas dan melaporkan suatu fakta-fakta yang terjadi. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik di SMK Negeri 1 Singaraja mempunyai dua program unggulan, yaitu memberikan pelatihan menulis kepada siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler menerbitkan majalah setiap akhir semester. pelaksanan kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik SMK Negeri 1 Singaraja mempunyai empat tahapan yaitu, mengecek kehadiran siswa-siswi dalam pembinaan ekstrakurikuler, penjelasan teori jurnalistik dari pembina ekstrakurikuler, siswa-siswi membuat berita yang ditugaskkan oleh pembina, dan pembina melakukan penilaian pada hasil berita yang telah dibuat oleh siswa-siswi. produk jurnalistik SMK Negeri 1 Singaraja yaitu majalah sekolah. Adapun aktivitas ekstrakurikuler jurnalistik dalam pembinaan ini seperti meliput berita yang ada di lapangan, menyususun berita yang akan diterbitkan di majalah, dan mengedit hasil berita yang didapatkan. Hasil tulisan siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik akan dijadikan majalah sekolah dan majalah tersebut akan didistribusikan oleh kepala sekolah.

References

Arifin, M. (2018). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Untuk Mengembangkan Minat dan Bakat Siswa di MA Al Khoiriyah. Skripsi : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Dwi, C.N. (2017). Minat Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Playen Kabupaten Gunungkidul. Skripsi : Universitas Negeri Yogyakarta.

Ita, F.A.F. (2020). Penggunaan Bahasa Jurnalistik dalam Penulisan Berita Metrojambi.com. Jambi : Fakultas dakwah universitas islam negeri sulthan thaha saifudin jambi.

Ni’mah, M. (2018). Penerapan Jurnalisme Profetik Terhadap Karya Jurnalistik Wartawan Alumnus UIN Walisongo Semarang. Skripsi : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Nyoman, D. (2015). Aktivitas dan Produk Jurnalistik Siswa SMA Negeri 2 Semarapaura. Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha.

Safutra Y. M. (1999). Pengembangan Kegiatan ko dan Ekstrakurikuler. Jakarta : Depdikbud

Sumandiria, H. (2014). Jurnalistik Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukardi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suryawati, I. (2011). Jurnalistik Satuan Pengantar Praktik dan Teori. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2012). memahami penelitian kualitatif. bandung : alfabeta

Suhandang, K. (2004). Pengantar Jurnalistik Seputar Organisasi, Produk, dan Kode Etik. Bandung: Penerbit Nuansa.

Triyono, A. (2016). Peningkatan Kapasitas Wartawan Siswa dalam Penerbitan Majalah Sekolah di SMP Muhammadiyah PK Alkautsar. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Pusvita, S.V. (2019). Pembinaan Majalah Mekar Pada Ekstrakurikuler Jurnalistik di SMA Negeri 1 Singaraja. Skripsi : Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Putri, D. (2018). Kegiata Ekstrakurikuler Jurnalistik Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis di SDIT Nur Hidayah. Surakarta : Universitas Muhammadiyah.

Wiastra, I.G.G. (2015). Pembinaan Dan Manajemen Produksi Majalah Sekolah Pada Ekstrakurikuler Jurnalistik di SMA Negeri 4 Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha.

Yanti, N. (2016). “Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga Negara yang Baik di SMA Kopri Banjarmasin”. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Universitas Lambung Mangkurat.

Yuspidayanti, A. (2018). Kegiatan Menulis Pada Ekstrakurikuler Jurnalistik di SMA Negeri 1 Mengwi. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Downloads

Published

2022-09-29

Issue

Section

Articles